ANALISIS PENGARUH KECEPATAN TERHADAP JARAK DAN WAKTU PENGEREMAN PADA MOBIL HYBRID URBAN KMHE 2018

La Ode Muhammad Azdhar Azdhar Baruddin

Abstract


Kegagalan pada sistem pengereman dapat berakibat fatal dan berujung pada kecelakaan. Rem merupakan salah satu faktor penting dalam kendaraan, yang berfungsi memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Ada 3 tipe jenis rem yang digunakan yaitu rem mekanik, rem hidrolis dan rem pneumatik. Karena pentingnya fungsi rem pada kendaraan perlu dilakukan kajian mendalam tentang performa kerja rem tersebut. Oleh karena itu, dilakukan pengujian pengaruh kecepatan terhadap hasil pengereman mobil hybrid KMHE 2018 untuk mengetahui jarak dan waktu yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, jarak pengereman, waktu pengereman serta hubungan antara kecepatan dan jarak pengereman. Dimana variasi kecepatan berubah-ubah dimulai dari 20, 30, dan 40 Km/Jam. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dan kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif terhadap perilaku pengereman kendaraan hibrida urban KMHE. Gaya yang diberikan untuk menekan pedal rem konstant yaitu 80 N dengan kecepatan bervariasi, dan pengulangan pengujian sebanyak 5 kali untuk masing-masing variasi kecepatan. Hasil penelitian kecepatan 20 Km/ Jam jarak pengereman 45,6 cm dan waktu 1,48 detik, kecepatan 30 Km/Jam jarak 55,6 cm dan waktu 1,56 detik, kecepatan 40 Km/Jam jarak 81,6 cm dan waktu 2,4 detik. Hal tersebut menunjukan bahwa kecepatan kendaraan berbanding lurus dengan jarak dan waktu pengereman. Dimana semakin tinggi kecepatan kendaraan maka jarak dan waktu pengereman semakin besar.

Keywords


kecepatan; jarak; rem hidrolis; hybrid;eksperimen

References


H. W. Septriana et al., “Pembuatan dan Pengujian Alat Pengukur Temperatur pada Rem Tromol Kendaraan Roda Dua dengan Remote Measuring System,” Vol. 5, No. 1, pp. 66–72, 2017.

A. S. Sirajuddin, “Analisis Sistem Pengereman Pada Mobil Mitsubitshi L300 Jenis Pick-Up,” Jur. Tek. Mesin, Fak. Tek. Univ. Tadulako, pp. 189–196, 2010.

M. Yusron, “Perancangan Sistem Pengereman Hidrolis Pada Mobil Urban Diesel,” Univ. Muhammadiyah Malang, pp. 1–2, 2015.

R. Setiyono, “Analisis Gaya Pengereman Pada Mobil Nasional Mini Truck,” Jur. Tek. Mesin, Fak. Tek., No. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

D. Kim, C. Kim, S. Hwang, and H. Kim, Hardware in the Loop Simulation of Vehicle Stability Control using Regenerative Braking and Electro Hydraulic Brake for Hybrid Electric Vehicle, vol. 41, no. 2. IFAC, 2008.

C. Hohmann, K. Schiffner, K. Oerter, and H. Reese, “Contact Analysis For Drum Brakes And Disk Brakes Using ADINA,” Comput. Struct., vol. 72, no. 1, pp. 185–198, 1999.

A. N. Akhmadi, “Pengaruh Pengereman Terhadap Kecepatan Mobil Listrik Tuxuci 2.0 Dengan Rem Cakram Doubel Piston,” J. Nozzle Vol. 4 Nomor 2 Juni 2015 ISSN 2031-6957, vol. 4, pp. 83–87, 2015.

A. Intang, “Studi Pengaruh Tekanan Pengereman Dan Kecepatan Putar Roda Terhadap Parameter Pengereman Pada Rem Cakram Dengan Berbasis Variasi Kanvas,” Tek. Mesin Untirta, vol. II, no. JurusanTeknik Mesin. Fakultas Teknik, Universitas Tamansiswa Palembang, pp. 9–19, 2016.

B. D. Prayoga, H. Poernomo, and F. Bisono, “Perancangan Dan Analisis Sistem Pengereman Hydraulic Pada Mobil Minimalis Roda Tiga,” Conf. Des. Manuf. Its Apl., vol. 1, pp. 94–104, 2018.

V. k M and Isaac Raju, “Hybrid Electric Vehicles,” Int. J. Eng. Trends Technol. – Vol. 50 Number 2 August 2017 Hybrid, vol. 58, no. 9, pp. 4730–4740, 2009.

W. Subrantas and L. Guntur, “Pemodelan dan Simulasi Sistem Pengereman Hidrolik Jenis Lock Brake System (LBS) pada Kendaraan GEA Pick Up dengan Variasi Komponen Pengereman yang Ditentukan dari Kendaraan Niaga Jenis Lainnya,” J. Tek. POMITS, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2013.

K. Anam and J. Triswanto, “Modifikasi Rem Tromol Pada YAMAHA Jupiter Z Menjadi Rem Cakram Dengan Aplikasi Teknologi CBS (Combi Brake System),” SURYA Tek. NO. 1 Oktober 2017, vol. 1, pp. 8–13, 2017.

A. Septiantoni, “Perencanaan Perawatan Dan Perbaikan Car Brake System Trainer,” J. Tek. Mesin, vol. 2, pp. 37–44, 2013.

Irma, “Universitas Sumatera Utara,” pp. 5–39, 2012.

M. Sabri and A. Fauza, “Studi Eksperimental Pemantauan Kondisi Dan Penilaian Analisa Kinematik Pengereman Mobil,” J. Tek. Mesin Indonesia., vol. 12, no. 1, pp. 37–43, 2017.

Mulyadi.S, I. Ismail, Suparjo, and M. Yunus, “Analisa Pengaruh Pegas Pada Master Silinder Bagian Atas Terhadap Fungsi Pengereman Sistem Rem Two-Leading,” J. Austenit Vol. 10, Nomor 1, April 2018, vol. 10, no. April, pp. 21–28, 2018.

I. N. L. Antara, “Analisis Gagguan Sistem Rem Pada Mobil Daihatsu Xenia Serta Penanganannya,” J. LOGIC. VOL. 18. NO. 1. MARET 2018, vol. 18, no. 1, pp. 20–25, 2018.

L. B. Wijaya, D. Rahmalina, and E. A. Pane, “Analisis Gesekan Dengan Simulasi Statis Pada Disc Brake Material Komposit Hybrid,” pp. 146–152, 2018.

A. A. Dzikrullah, Qomaruddin, and M. Khabib, “Analisa Gesekan Pengereman Hidrolis (Rem Cakram) dan Tromol Pada Kendaraan Roda Empat Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga,” no. 2015, pp. 875–881, 2017.

Mustofa, Naharuddin, and Basri, “Studi Kaitan Parameter Pengereman Dengan Beban Dinamis Pada Kendaraan,” J. Mek., vol. 1, no. 1, pp. 7–13, 2010.

H. Suprapto, “Analisis Konstruksi Dan Sistem Kerja Master Silinder Serta Boster Rem Pada Toyota Kijang Tipe KF 50,” Fak. Tek. Univ. NEGERI SEMARANG, 2006.

A. Arifin, “Analisis Gaya Pada Rem Tromol (drum brake) Untuk Kendaraan Roda Empat,” no. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma, 2016.

R. A. H. Sihombing, “Pengaruh Beban Dan Kecepatan Terhadap Jarak Pengereman Sepeda Motor Tipe NF 11B1D M/T Pada Permukaan Aspal Dan Beton,” J. Ilm. Dunia Ilmu, vol. 4, no. 1, pp. 216–231, 2018.

D. Ahmad Taufik Hidayat and D. Fernandez, “Pengaruh Penggunaan Rem Belakang Tipe Cakram Terhadap Jarak Pengereman Pada Sepeda Motor Honda Vario Techno CBS,” Pendidik. Tek. Otomotif, Fak. Tek. Univ. Negeri Padang, vol. 91, pp. 399–404, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v9i3.4998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknik Mesin

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: [email protected]
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335

JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats