Analisis Kebutuhan Energi Motor Listrik Pada Mobil Hybrid Urban KMHE 2018
Abstract
Abstrak - Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan salah satu sumber energi pada kehidupan manusia. Bahan Bakar Minyak adalah salah satu tenaga penggerak bagi kendaraan bermotor. Saat ini energi yang berasal dari minyak bumi tersebut sudah mulai mengalami krisis. Kendaraan hybrid merupakan solusi untuk mengatasi krisis energi minyak bumi. Teknologi kendaraan hybrid merupakan perpaduan antara teknologi mesin konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil (BBM) dengan teknologi motor yang menggunakan listrik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menghitung konsumsi daya yang diambil pada setiap injakan pedal gas pada varian posisi yang berbeda diantaranya 10°,20°,30°,40°,50°. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui daya kosumsi motor listrik Kendaraan Hybrid KMHE 2018. Hasil pada penelitian ini adalah pada 10° daya yang dihasilkan 604,79 (watt), 20° daya yang dihasilkan 709,92 (watt), 30° daya yang dihasilkan 791,20 (watt), 40° daya yang dihasilkan 885,06 (watt) dan 50° daya yang dihasilkan 984,75 (watt). Beberapa parameter untuk penelitian berikutnya adalah mencari kecepatan maksimal mobil hybrid dengan ruang lingkup beban mobil hybrid dan penumpang dengan masing-masing sudut injakan pedal gas dengan varian sudut yang berbeda.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Yamin, Mohamad, and Agung Dwi Sapto. 2014. “Pengembangan Desain Dan Spesifikasi Prototipe Kendaraan Hybrid.”
Nowak, Rachel. 2008. “Capacitors Take the Strain out of Charging Hybrid Cars.” New Scientist 200(2678): 26.
Harfit, AR. 2012. “Kajian Mobil Hybrid Dan kebutuhannya di Indonesia.” Program Pasca Sarjana, Universitas Gunadarma.
Weiss, Martin, Andreas Zerfass, and Eckard Helmers. 2019. “SC.” Journal of Cleaner Production. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.12.019.
Nurhuda, Arif. 2013. “Hybrid Car.” Slideshare.Net: 7. https://www.slideshare.net/ArifNurhuda/ makalah-hybrid-car.
Gesang, Dimaz, Billy Christanyo, and I Nyoman. 2014. “Studi Eksperimen Kinerja Traksi Kendaraan Hybrid Sapujagad.” 1(2).
Bitsche, Otmar, and Guenter Gutmann. 2004. “Systems for Hybrid Cars.” Journal of Power Sources 127(1–2): 8–15.
Vistronica SAS. 2018. “Motor DC.” : 10–13. https://bit.ly/2rvKGzf.
Afif, Muhammad Thowil, Ilham Ayu, and Putri Pratiwi. 2015. “Analisis Perbandingan Baterai Lithium-Ion , Lithium-Polymer , Lead Acid Dan Nickel-Metal Hydride Pada Penggunaan Mobil Listrik - Review.” Jurnal Rekayasa Mesin 6(2): 95–99. rekayasamesin.ub.ac.id/index.php/rm/article/download/365/289.
Putra, Bayu Segara et al. “BATERAI MOBIL LISTRIK DESIGN AND IMPLEMENTATION OF ELECTRIC CAR BATTERY.”
Nugroho, Argon Puji. 2014. “Sistem Charging Pada Mobil Listrik.” : 6–7.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v9i3.5115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Teknik Mesin
Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: [email protected]
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335
JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.