RANCANG BANGUN PROTOTYPE MESIN SORTIR BERDASARKAN BARCODE ID PADA PRODUK DI AREA PRODUKSI

Dean Anggara Putra

Abstract


Pada ekonomi dunia yang kompetitif saat ini, operasi manufaktur harus bereaksi dengan cepat dan fleksibel untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan tetap mempertahankan atau meningkatkan daya saing berkaitan dengan biaya produksi mereka sendiri. Sementara itu, masih banyak industri yang menggunakan sistem manual untuk proses penyortiran dan pencatatan hasil output barang pada 1 line produksi yang memiliki beberapa jenis varian produk. Oleh karena itu sistem sortir produk berdasarkan barcode id yang diberikan pada kemasan produk merupakan solusi yang tepat untuk mempercepat dan meningkatkan efisiensi produksi di industri.

            Berdasarkan hal tersebut, pada penelitian ini dibuat suatu prototype mesin sortir berdasarkan barcode id pada produk. Cara kerja sistem ini adalah dengan membedakan barang berdasarkan jenis setiap produk yang sudah diberikan degan memanfaatkan barcode id yang sudah tercantum pada setiap jenis produk, kemudian produk tersebut akan melewati Barcode Reader yang sudah dipasang pada konveyor yang sudah terintegrasi. Kemudian Barcode Reader yang sudah terkoneksi ke Raspberry akan mengirimkan data ID produk ke PLC, setelah itu PLC secara otomatis mengontrol traffic / destinasi barang tersebut diarahkan dan data dari hasil perhitungan produk akan ditampilkan pada tampilan aplikasi berbasis web supaya dapat di kontrol atau diakses dimana saja dengan syarat display terkoneksi kejaringan intenet.

            Berdasarkan hasil observasi pada proses industri multi-line masih ditemukan proses sortir produk dan pencatatan hasil output yang masih manual dan membutuhkan beberapa tenaga kerja, contoh; untuk 1 line yang outputnya terdapat 3 jenis varian produk yang berbeda harus disortir dan dicatat dengan membutuhkan 3 orang pekerja dengan adanya sistem sortir otomatis ini diharapkan adanya peningkatan kecepatan dan ketepatan hasil penyortiran sekitar 18pcs/menit produk per menit dan hanya menggunakan 1 orang sebagai operator.


Keywords


Barcode id, PLC, Raspberry Pi, PLC with Barcode Integration

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v10i3.6592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Mesin

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: [email protected]
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335

JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats