Pengontrolan Kualitas Untuk Mengurangi Defect Produk Thermal Oil Heater (TOH) 3000 Hdc Dengan Menggunakan Metode Fmea di PT Taland Utama Karisma Perkasa

Muhammad Fikri Aditya

Abstract


PT Taland Utama Karisma Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak di industri manufaktur yang memfabrikasi beberapa jenis produk pembangkit panas, salah satunya adalah Thermal Oil Heater (TOH) 3000 HDC. Dalam fabrikasi produk perusahaan selalu berkomitmen memberikan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan kualitas produk. Dari data pengecekan produk dari bulan Januari sampai dengan Desember 2022, didapatkan produk Thermal Oil Heater (TOH) 3000 HDC terdapat temuan defect 4 pcs dengan rata-rata defect adalah 2 pcs atau persentase 50% yang menjadi defect tertinggi. Faktor yang dapat mempengrahui terjadinya kegagalan antara lain kondisi engineer, kualitas materi dan kondisi mesin. Hal tersebut perlu dilakukan pengontrolan (controlling) lebih lanjut supaya kualitas produk yang dihasilkan dapat terjamin. Dalam penelitian ini, akan dilakukan analisa pengontrolan kualitas dalam proses fabrikasi produk dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), yang menemukan jenis kegagalan, mengidentifikasi akar penyebab kegagalan, tingkatan dari efek kegagalan, dan dilakukan pemilihan cara perbaikan yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, setelah dilakukan rekomendasi perbaikan, maka diperoleh data bahwa nilai rata-rata defect adalah 1 pcs atau persentase 25%, sehingga defect produk menurun hingga 25%.


Keywords


Kualitas; Pengontrolan Kualitas; Defect; FMEA; Thermal Oil Heater.

Full Text:

PDF

References


Cahyabuana, B. D., & Pribadi, A. (2015). Konsistensi Penggunaan Metode FMEA (Failure Mode Effects and Analysis) terhadap Penilaian Risiko Teknologi Informasi (Studi kasus: Bank XYZ). Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 9.

Hanif, R. Y., Rukmi, H. S., & Susanty, S. (2015). Perbaikan Kualitas Produk keraton Luxury Di PT. X Dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysiss (FTA). International Journal of Quality & Reliability Management, 03(7), 137–147.

Hidayatullah Elmas, M. S. (2017). Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (Sqc) Untuk Meminimumkan Produk Gagal Pada Toko Roti Barokah Bakery. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1), 15–22. https://doi.org/10.30741/wiga.v7i1.330

Meri, M., Irsan, & Wijaya, H. (2017). Analisis Pengendalian Kualitas Pada Produk Sms (Sumber Minuman Sehat) Dengan Metode Statistical Process Control (SPC) Studi Kasus Pada PT. Agrimitra Utama Persada Padang. Jurnal Teknologi, 7(1), 119–126.

Mitra, A. (2012). Fundamentals of Quality Control and Improvement: Third Edition. In Fundamentals of Quality Control and Improvement: Third Edition. https://doi.org/10.1002/9781118491645

Tannady, H. (2015). Pengendalian Kualitas. Graha Ilmu.

Walujo, D. A., Koesdijati, T., & Utomo, Y. (2020). Pengendalian Kualitas (D. A. Walujo (ed.)). Scopindo Media Pustaka.

Yogaswara, R. B., & Moesriati, A. (2021). Identifikasi Kendala Proses Produksi Instalasi Pengolahan Air Minum Menggunakan Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) (Studi Kasus: PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung). Jurnal Teknik ITS, 10(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.64106


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

 

 

in Collaboration with: