Penerapan Metode Single Minutes Exchange of Dies (SMED) Untuk Menurunkan Waktu Analisa Kalsium Pada Produk Susu di Perusahaan Makanan

Gerson Nugroho Adi, Meike Elsye Beatrix

Abstract


PT X adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman kesehatan. Dalam proses produksi setiap produk yang berstatus work in process (WIP) dilakukan pengecekan oleh tim quality control. Salah satu item yang dianalisa adalah kadar kalsium dalam produk. Masalah yang dihadapi pada proses analisa ini adalah waktu analisa yang menyebabkan stop mesin selama 600 detik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menurunkan waktu proses analisa kalsium agar proses selanjutnya lebih cepat. Sehingga produktivitas mesin dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Single Exchange Minutes of Dies(SMED). Dalam SMED analisa yang dilakukan adalah pengumpulan data waktu analisa, memisahakan waktu internal dan eksternal, konversi waktu internal ke eksternal serta upgrade alat untuk mempercepat waktu analisa. Hasil dari penelitian ini menggunakan metode SMED adalah penurunan waktu analisa dari 600 detik menjadi 331 detik atau sebesar 45%.


Keywords


Single Exchange Minutes of Dies; Quality; Kalsium

Full Text:

PDF

References


Abraham, A., Ganapathi, K. N., & Motwani, K. (2012). Setup time reduction through SMED technique in a stamping production line. SAS TECH Journal, 2 (11), 2 (11).

Adanna, I. W., & Shantharam, A. (2014). Improvement of setup time and production output with the use of single minute exchange of die principles (SMED). International Journal of Engineering Research., 2 (4), 274–277.

Costa, E., Bragança, S., Sousa, R., & Alves, A. (2013). Benefits from a SMED application in a punching machine. International Journal of Mchanical, Aerospace, Industrial, Mechatronic and Manufacturing Engineering., 7 (5), 373–379.

Gaspersz, V. (2007). Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. Gramedia Pustaka Utama.

Guzmán, F. P., & Salonitis, K. (2013). Improving changeover time: a tailored SMED approach for welding cells. Procedia CIRP, 7, 598.

Mulyana, A., & Hasibuan, S. (2017). Implementasi Single Minute Exchane of Dies (SMED) untuk Optimasi Waktu Changeover Model Produksi pada Panel Telekomunikasi. SINERGI 21, 107–114.

Saputra, R., Arianto, H., & Irianti, L. (2016). Usulan Meminimasi Waktu Set Up dengan Menggunakan Metode Single Minute Exchange Die (SMED) di Perusahaan X. Reka Integra, 4 2, 206–218.

Sivakumar, M., Balasubramani, T., & Stany, M. C. (2015). Lean manufacturing in carriage building press shop using by SMED and VSM tools. International Journal of Innovations in Engineering and Technology (IJIET), 5, 235–241.

Yashwant, R. M., & Inamdar, K. H. (2012). Changeover time reduction using SMED technique of lean manufacturing. International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA)., 2 (3), 2441–2445.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by: