Peningkatan Efisiensi Kinerja Pemeriksaan Obat di Laboratorium Kimia Dengan Metode Quality Control Circle (QCC)

Gabriella Evata Putri Rosary, Kurniawan Kurniawan

Abstract


Dalam proses industri, departemen kualitas berperan penting dalam pemeriksaan material baku dan produk. Salah satu masalah keterlambatan dapat ditemui di waktu pemeriksaan produk tersebut dikarenakan jumlah produksi dalam setahun sebanyak 295 batch untuk lima produk dengan jumlah analis sebanyak 3 orang. Penyebab permasalahan waktu pemeriksaan karena lima hal : Man, machine, Method, Measurement dan Material. Setelah dilakukan perbaikan dengan upgrade machine dan method baru, penambahan personil analis, dan adanya stabilitas reagent yang digunakan, telah terjadi penurunan sebesar 26.16%. Rata-rata waktu pemeriksaan sebelum perbaikan berkisar 8-9 hari kerja dengan persentase 63.08%, setelah dilakukan perbaikan menjadi 4-5 hari kerja dengan persentase 36.92%.


Keywords


Kualitas; Pemeriksaan, Waktu tunggu; QCC

Full Text:

PDF

References


Adi Walujo, D., Koesdijati, T., & Utomo, Y. (2020). Pengendalian Kualitas (D. Adi Walujo (Ed.)). Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Astini, R. (2015). Menanggulangi Kelebihan Pemakaian Coklat Pada Produksi WaferXX dengan Metode QCC di PT. XYZ. Jurnal Pasti, VIII(3), 326–339.

BPOM RI. (2018). Pedoman Cara Pembuatan Obat yang Baik. Retrieved from: Bpom RI. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ecahyono. (2012). MENGENAL QCC (QUALITY CONTROL CIRCLE). Diakses pada website: http://ecahyono.blogspot.com/2012/03/mengenal-qcc-quality-control-circle.html

FAHMI, I. (2013). MANAJEMEN KINERJA TEORI DAN APLIKASI. Bandung: Alfbeta.

Fipiana, W. I., & Susanto, W. (2019). Effect of Quality Control Circle Application to the Employee Work Productivity of PT Z. International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 2(11), 621–626.

G Hendra Poerwanto. (2014). Peta Kendali c Chart. Diakses pada website : https://sites.google.com/site/kelolakualitas/c-Chart

Gaspersz, V. (2007). Lean Six Sigma For Manufacturing and Service Industries. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasayangan, R., Azwir, H. H., Teknik, F., Studi, P., Industri, T., & Presiden, U. (2012).

EFISIENSI PEMAKAIAN METHANOL. [Skripsi] President University Repository.

Idris, I., Sari, R. A., Wulandari, W., & U, W. (2016). Pengendalian Kualitas Tempe Dengan Metode Seven Tools. Teknovasi, 3(1), 66–80.

Ishikawa, K. (2005). How to Operate QC Circle Activities (Q. C. Headquarters (Ed.)). Tokyo : JUSE.

Khamaludin, K., & Respati, A. P. (2019). Implementasi Metode QCC untuk Menurunkan Jumlah Sisa Sampel Pengujian Compound. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 18(2), 176. Retrivied from: https://doi.org/10.25077/josi.v18.n2.p176-185.2019

Kulkarni, S., Welekar, S., & Kedar, A. (2017). Quality circle to improve productivity: A case study in a medium scale aluminium coating industry. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 8(12), 800–816.

Kumari, A., & Agarwal, S. (2019). Role of Quality Circle in Footwear Industry. International Journal Of Research In Aeronautical and Mechanical Engineering, 7(5), 10–41. Retrivied from: https://www.ijrame.com/

Kusnadi, E. (2011). Fishbone Diagram dan langkah pembuatannya. Diakses pada website : https://eriskusnadi.com/2011/12/24/fishbone-diagram-dan-langkah-langkah- pembuatannya/

Maasaki, I. (1998). Genba Kaizen : Pendekatan Akal Sehat, Berbiaya Rendah pada Manajemen.

Jakarta: Pustaka Brinaman Pressindo.

Nursalam. (2015). Metodologi Ilmu Keperawatan (5th ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Ohno, T. (1998). Toyota Production System Beyond-Large Scale Production. New York: Productivity Press.

Pengertian Produk: Definisi, Jenis, Tingkatan, dan Contoh Produk. (n.d.). Retrieved from: https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-produk.html

Prasetiyo, B., & Tauhid, R. S. (2019). Penerapan Budaya Kerja Kaizen Di Pt X Kabupaten Bandung Barat. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(2), 132–146. Retrivied from: https://doi.org/10.31602/atd.v3i2.2079

Primayoka, Y. K. (2015). Upaya Penurunan Kecacatan Painting Line 1 PT . Astra Komponen Indonesia. Jurnal Tirta, 3(2), 41–48.

Priyambodo, B. (2007). Manajemen Farmasi Industri. Yogyakarta: Global Pustaka Utama.

Rashid, M. M., Biswas, M. A. S., & Ahmed, S. (2019). Reducing screen printing lead time by implementing TQM: A quality control circle approach. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 2019(MAR), 1971– 1980.

Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut). Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.

Sari, C. A. S. (2017). Teknik Pengelola Produk & Merek (G. Savitri (Ed.); 1st ed.). Jakarta: Gramedia.

Tague, N. R. (2005). The Quality Toolbox (Second). Milwaukee, Wisconsin: ASQ Quality Press.

Tommy. (2019). Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli. Diakses pada website: https://kotakpintar.com/pengertian-efisiensi-menurut-para-ahli/

Utama, A. Y., Supriyatna, H., Dimas, R., & Kusuma, P. (2020). Quality Control Analysis of Candy Wrapping Process Using the QCC ( Quality Control Circle ) Method in the Candy Industry Indonesian. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(1), 297–309.

Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja (5th ed.). Jakarta: Rajgrafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by: