Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa Pengiriman Dengan Metode SWOT dan QSPM

Chery Desirino

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan jasa ekpedisi pengiriman paket dimana perusahaan ini telah berkembang pesat sejak tahun 2015. Namun, dalam sebuah pengambilan data yang dilakukan perusahaan ditemukan adanya kerugian di bulan tertentu sehingga perlu di analisis penyebab terjadinya kerugian tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh untuk mengembangkan strategi pemasaran jasa nantinya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode SWOT dan QSPM. Dari analisis tersebut ditemukan beberapa faktor sehingga bisa di evaluasi agar perusahaan tidak salah menegambil keputusan kedepanya. Pada akhir hasil analis ditemukan bahwa perusahaan berada pada kuadran I yang artinya perusahaan berada pada pertumbuhan pasar yang tinggi dan posisi kompetitif yang kuat. Setelah dihasilkan 12 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan dan berdasarkan dari matriks QSPM, dari 12 terdapat satu strategi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh perusahaan yaitu memberikan kemudahan untuk konsumen dalam melakukan pemesanan jasa tanpa harus datang ke lokasi dengan skor TAS tertinggi yakni sebesar 5,521.


Keywords


SWOT, QSPM, Pemasaran.

Full Text:

PDF

References


Abya, H., Khalili, M., Ebrahimi, M., & Movahed, A. 2015. Strategic planning for tourism industry using SWOT and QSPM. Management Science Letters, 5(3), 295-300.

Akhavan, P., Barak, S., Maghsoudlou, H., & Antuchevičienė, J. 2015. FQSPM-SWOT for strategic alliance planning and partner selection; case study in a holding car manufacturer company. Technological and Economic Development of Economy, 21(2), 165-185.

Arief, A. Rachman. 2005. Pengantar Ilmu Perhotelan dan Restoran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Caroline, C., & Lahindah, L. Analisa dan usulan strategi pemasaran dengan metode QSPM (studi kasus pada UMKM) di Bandung: pakan ikan waringin Bandung). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 16(2), 86- 102.

Caroline, C., & Lahindah, L. 2017. Jurnal Manajemen Indonesia Vol. 17-No. 2 Agustus 2017 35 Analisa dan usulan strategi pemasaran dengan metode QSPM (studi kasus pada UMKM) di Bandung: pakan ikan waringin Bandung). Jurnal Manajemen Indonesia, 17(2), 113-123.

Ghaffari, K., Delgosha, M. S., & Abdolvand, N. 2014. Towards cloud computing: a SWOT analysis on its adoption in SMEs. arXiv preprint arXiv:1405.1932.

Gupta, M. 2015. Strategy formulation for performance improvement of indian corrugated industry: An application of SWOT analysis and QSPM Matrix. Journal of Applied Packaging Research, 7(3), 3.

James, A. S., Freeman, R. E., & Daniel Jr, R. G. 2005. Vdyba. p 434.

Kotler, P. 2009. Marketing management: A south Asian perspective: Pearson Education India.

Machmud, S., & Sidharta, I. 2013. Model Kajian Pendekatan Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Sektor UMKM di Kota Bandung (Model Study of Strategic Management Approach In SMEs Sector Improvement In Bandung). Jurnal Computech & Bisnis, 7(1), 56-66.

Mirzakhani, M., Parsaamal, E., & Golzar, A. 2014. Strategy Formulation with SWOT Matrix: A Case Study of an Iranian Company. Global Business & Management Research, 6(2).

Pearce, I., & John, A. Robinson, 2008. Manajemen Strategis Formulasi Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Pride, W. M., Hughes, R. J., & Kapoor, J. R. 2012. Introduction to Business: South-Western/Cengage Learning.

Rais, S. 2009. Wahkyudin. 2009. Pengembangan Pegadaian Syariah di Indonesia dengan analisis SWOT. Jurnal Pegembangan Bisnis & Manajemen STIE PBM, 9(14).

Rangkuti, F. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia

Rangkuti, F. 1998. Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis: Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Salehi, M., Askari, J., & Behrouzi, S. 2014. Strategy formulation by SWOT and QSPM Matrix (Case study: Sanitary Ware Company of Golsar Fars). Int. SAMANM J. Mark. Manag, 2(2), 74-83.

Seels, B. B., & Richey, R. C. 2012. Instructional technology: The definition and domains of the field: IAP. Association for educational comunications and technology. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Setyorini, Hany; Mas‟ud Effendi dan Imam Santoso. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus Di Restoran Waroeng Steak and Shake Cabang Soekarno Hatta Malang).

Shojaie, M., Hamidian, M., & Basiji, A. 2014. Strategy Planning Using SWOT Analysis and QSPM Model A Case Study of Baridsoft Company (One of the top and leader companies of Iranian software industry). International Journal of Scientific Management and Development, 2(7), 252-257.

Tessmer, M., & Richey, R. C. 1997. The role of context in learning and instructional design. Educational technology research and development, 45(2), 85-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

 

 

in Collaboration with: