Studi Simulasi Sistem untuk Perusahaan yang Menangani Pengiriman dan Ekspedisi

Ananda Rizki Pradana, Muhamad Ikhsan, Muf'amar Ivan

Abstract


Untuk tetap kompetitif dalam industri pengiriman barang, perusahaan harus terus meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggannya. Sistem kedatangan merupakan salah satu layanan yang perlu ditingkatkan. Penelitian dilakukan di sebuah gudang perusahaan logistik yang beroperasi  dan berlokasi di Pergudangan Daan Mogot Prima, Cengkareng, Jakarta Barat.Pada jam-jam padet adalah hal yang umum untuk melihat kerumunan orang yang mengantri di depan counter. Mereka perlu menyiapkan barang-barang yang akan diangkut seiring dengan jumlah pelanggan yang banyak di counter.Di samping banyaknya pelanggan yang datang ke counter, mereka juga harus menyiapkan barang untuk dikirim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simulasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan meningkatkan kinerja sistem antrean yang ada. Bantuan untuk mengemas barang digunakan untuk menyelesaikan proses tersebut, dan Ketika pelanggan keluar dari toko, maka pelayanan telah selesai. Hasil yang diperoleh adalah dalam perbaikan ini terdapat dua opsi yaitu perbaikan yang dapat dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Solusi jangka pendek difokuskan pada peningkatan layanan kepada pelanggan, termasuk penyediaan formulir pendaftaran dan alokasi dana untuk biaya penggantian, kedua hal tersebut dapat mempercepat prosesnya.Dalam hal peningkatan dalam jangka waktu yang lebih panjang, diusulkan untuk memperkuat layanan sistem dengan menggunakan perangkat lunak Promodel. Peningkatan ini juga akan mencakup peningkatan sistem penanganan barang dari kedatangan pelanggan hingga kunjungan pelanggan. Peningkatan ini termasuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menambahkan sistem informasi, menstandarkan prosedur dan biaya, dan mobilisasi staf ahli paking. Setelah menjalankan simulasi perbaikan,kami melihat adanya penurunan rata-rata waktu pengiriman untuk pelanggan, antara 90,87 dan 28,53 menit. Akibatnya, terjadi peningkatan atau penurunan 62,34 menit, atau 68,6%, dalam waktu tunggu klien. Selanjutnya, Penambahan dua spesialis logistik meningkatkan jumlah unit yang dikemas di sektor logistik sebesar 268,23 per hari. Hasil simulasi menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang dapat meningkatkan kualitas pengemasan dan penjualan produk, mengurangi waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk menunggu dan memanfaatkan sumber daya.


Keywords


Simulation, Utilization, Waiting Time, Customer Satisfaction, Queuing System, Simulation

Full Text:

PDF

References


F. A. Ekoanindiyo, “SIMULASI SISTEM.”

N. E. Lestari, A. Purnama, A. Safitri, dan Y. Koto, “Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pemilahan Sampah Pada Anak Usia Sekolah Melalui Metode Simulasi,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Maju, vol. 1, no. 02, hlm. 45–49, Sep 2020, doi: 10.33221/jpmim.v1i02.668.

Z. U. Rizqi, “STUDI KOMPARATIF METODE SIMULASI DAN BILL OF LABOR (BOLA) PADA ANALISIS KAPASITAS PRODUKSI BERBASIS ROUGH CUT CAPACITY PLANNING.”

B. Ghosh, R. Bowden, B. Gladwin, dan C. Harrell, “4th Edition Simulation Using ProModel,” 2022. “ANALISIS SISTEM ANTRIAN DENGAN METODE SIMULASI.”

S. Andradbttir, K. J. Healy, D. H. Withers, B. L. Nelson, dan D. Benson, “SIMULATION MODELING AND OPTIMIZATION USING PROMODEL.”

S. J. Chain Management HEIZER A Y RENDER BARRY Jesse H Jones Professor of Business Administration, C. Harwood Professor of Operations Management Graduate School of Business Rollins College CHUCK MUNSON Professor of Operations Management, N. York, S. Francisco, dan H. Kong, “THIRTEENTH EDITION GLOBAL EDITION OPERATIONS MANAGEMENT.”

M. Lusiani dan S. Chandra, “Optimasi Jumlah Kedatangan KRL Commuter Line untuk Mengatasi Penumpukan Penumpang Jalur Bekasi - Jakarta Kota Menggunakan Simulasi Promodel,” JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems), vol. 11, no. 1, Mar 2018, doi: 10.30813/jiems.v11i1.1014.

K. S. Prawiro, D. Agfazar, K. Kunci-Antrian, dan S. Antrian, “Analisis Antrian Sepeda Motor pada SPBU Tanah Merdeka Menggunakan Simulasi Promodel”.

A. Andira, J. K. Runtuk, dan A. L. Maukar, “Studi Simulasi Sistem Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang dan Ekspedisi,” Jurnal Rekayasa Sistem Industri, vol. 9, no. 3, hlm. 145–152, Okt 2020, doi: 10.26593/jrsi.v9i3.3769.145-152.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

 

 

in Collaboration with: