Evaluasi Penggunaan Bahan Bakar B35 dan Pertamina Dex pada Truk Quester Euro 5 Untuk Mendukung Strategi Logistik Rendah Emisi
Abstract
Tingkat emisi udara di area industri, khususnya di sepanjang jalur pengiriman logistik, sangat dipengaruhi oleh jenis kendaraan yang beroperasi. Untuk meningkatkan efisiensi sekaligus mendukung terwujudnya industri logistik yang berkelanjutan, diperlukan penggunaan kendaraan dengan teknologi rendah emisi seperti standar Euro 5 yang telah dipasarkan di Indonesia. Kendaraan diesel Euro 5 dilengkapi dengan sistem Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Diesel Particulate Filter (DPF) yang bekerja optimal apabila menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur rendah. Truk Quester Euro 5 dari UD Trucks telah dirancang agar kompatibel dengan bahan bakar biodiesel B35, sejalan dengan kebijakan mandatori biodiesel nasional, selama penggunaan AdBlue dan pemeliharaan sistem emisi dilakukan secara berkala. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi performa penggunaan bahan bakar B35 dan Pertamina Dex pada armada truk Quester Euro 5 milik sebuah perusahaan industri. Data yang digunakan mencakup hasil uji emisi opasitas dan konsumsi bahan bakar aktual selama periode operasional tahun 2023 hingga 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata opasitas emisi kendaraan sebesar 12,6%, jauh di bawah ambang batas 35% sesuai Permen LHK No. 8 Tahun 2023. Sementara itu, konsumsi bahan bakar tercatat sebesar 4,48 km/liter, yang berarti sekitar 49% lebih efisien dibandingkan spesifikasi pabrikan (3 km/liter). Sebagai referensi pembanding, digunakan hasil studi Ashrul Fawwaz (2022) yang menunjukkan bahwa Shell Diesel memiliki nilai opasitas terendah, disusul oleh BP Diesel dan Pertamina Dex. Namun, dengan mempertimbangkan kondisi distribusi nasional, Pertamina Dex dinilai sebagai opsi bahan bakar non-subsidi yang paling realistis. Studi ini menekankan pentingnya pemilihan bahan bakar rendah sulfur untuk menjaga performa sistem emisi Euro 5 dan mendukung transisi menuju logistik ramah lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acem. (2019). New Euro 5 environmental standard for motorcycles and mopeds to enter into force in 2020. Https://Www.Acem.Eu/. https://www.acem.eu/new-euro-5-environmental-standard-for-motorcycles-and-mopeds-to-enter-into-force-in-2020/
Alingal, S. (2021). Qatar adopts Euro 5 standards for heavy vehicles. Https://Www.Gulf-Times.Com/. https://www.gulf-times.com/story/692747/Qatar-adopts-Euro-5-standards-for-heavy-vehicles
Ashrur, F. (2022). Studi Eksperimen Perbandingan Terhadap Performa Dan Emisi Mesin Diesel Dengan Variasi Bahan Bakar Pertamina Dex, Bp Diesel, Shell Diesel. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, repository.its.ac.id. https://repository.its.ac.id/118723/
Astra. (2023). Pahami Aturan Euro 4 dan Euro 5 di Indonesia. Https://Astraudtrucks.Co.Id/. https://astraudtrucks.co.id/berita/pahami-aturan-euro-4-dan-euro-5-di-indonesia-ini-istilah-yang-sering-digunakan-022024/#:~:text=Euro 5 menuntut batasan emisi,lingkungan dan meningkatkan kualitas udara.
Azis, M. M. (2016). MENGENAL LEBIH DEKAT KATALISIS OTOMOTIF SEBAGAI PEMBERSIH GAS BUANG KENDARAAN DIESEL. INDONESIAN SCHOLARS JOURNAL – INSIGHT, 1, 59–67. https://www.bagusnugroho.com/
Baraka. (2024a). Mengenal Lebih Dekat EURO 5: Inovasi untuk Lingkungan yang Lebih Bersih. Https://Baraka.Uma.Ac.Id/. https://baraka.uma.ac.id/mengenal-lebih-dekat-euro-5-inovasi-untuk-lingkungan-yang-lebih-bersih/
Baraka. (2024b). Persiapan Indonesia Menghadapi EURO 5: Menuju Kendaraan Ramah Lingkungan. Baraka.Uma.Ic.Id, 1. https://baraka.uma.ac.id/persiapan-indonesia-menghadapi-euro-5-menuju-kendaraan-ramah-lingkungan/?
Chen, Z., Liu, Q., Liu, H., & Wang, T. (2024). Recent Advances in SCR Systems of Heavy-Duty Diesel Vehicles—Low-Temperature NOx Reduction Technology and Combination of SCR with Remote OBD. Atmosphere, 15(8). https://doi.org/10.3390/atmos15080997
Dornoff, J., & Rodríguez, F. (2024). Euro 7: The new emission standard for light-and heavy-duty vehicles in the European Union. Icct Policy Update, 1(715), 1–9. https://data.consilium.europa.eu/doc/document/ST-16960-2023-REV-1/
Fayad, M. A., Chaichan, M. T., Dhahad, H. A., Al-Amiery, A. A., & Wan Isahak, W. N. R. (2022). Reducing the Effect of High Sulfur Content in Diesel Fuel on NOxEmissions and PM Characteristics Using a PPCI Mode Engine and Gasoline-Diesel Blends. ACS Omega, 7(42), 37328–37339. https://doi.org/10.1021/acsomega.2c03878
Fontaras, G., Franco, V., Dilara, P., Martini, G., & Manfredi, U. (2014). Development and review of Euro 5 passenger car emission factors based on experimental results over various driving cycles. Science of the Total Environment, 468–469(2014), 1034–1042. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2013.09.043
Gaikindo. (2024). GAIKINDO Sambut Baik Standar Emisi Euro 5 Dibarengi BBM Berkualitas. Www.Gaikindo.or.Id. https://www.gaikindo.or.id/gaikindo-sambut-baik-standar-emisi-euro-5-dibarengi-bbm-berkualitas
Giechaskiel, B., Melas, A. (2021). Emissions of a Euro 5 motorcycle over the world harmonized motorcycle test cycle (WMTC). Emissions of a Euro 5 Motorcycle over the World Harmonized Motorcycle Test Cycle (WMTC)., 185(2), 21–25. https://doi.org/. https://doi.org/10.19206/CE-138701
Giechaskiel, B., Suarez-Bertoa, R., Lähde, T., Clairotte, M., Carriero, M., Bonnel, P., & Maggiore, M. (2018). Evaluation of NOx emissions of a retrofitted Euro 5 passenger car for the Horizon prize “Engine retrofit.” Environmental Research, 166(x), 298–309. https://doi.org/10.1016/j.envres.2018.06.006
Https://mercer-trans.com/. (2024). Pros and Cons of Hybrid Trucking in Freight Transportation. Https://Mercer-Trans.Com/. https://mercer-trans.com/2024/08/16/pros-and-cons-of-hybrid-trucking/?
https://newsroom.toyota.co.id/en/news. (2025). Toyota Supports the Hydrogen Ecosystem at the Global Hydrogen Ecosystem Summit 2025 by Showcasing Hydrogen-Powered Fuel Cell Electric Vehicles including Crown and Mirai Gen 2. Toyota Newsroom. https://newsroom.toyota.co.id/en/news/toyota-dukung-ekosistem-hidrogen-dalam-global-hydrogen-ecosystem-summit-2025-dengan-menampilkan-model-model-toyota-berbahan-bakar-hidrogen-yaitu-crown-dan-mirai-gen-2
https://www.autofun.co.id/. (2023). UD Trucks Quester Euro5 Masih Bisa Tenggak BioSolar Namun Tetap Irit BBM. Https://Www.Autofun.Co.Id. https://www.autofun.co.id/
Joint Research Centre. (2020). JEC Well-To-Wheels report v5. In Report JCR, EUCAR and Concawe. https://doi.org/10.2760/100379
Kostenidou, E., Martinez-Valiente, A., Ramili, B., Marques, B., Temime-Roussel, B., Durand, A., André, M., Liu, Y., Louis, C., Vansevenant, B., Ferry, D., Laffon, C., Parent, P., & Danna, B. (2021). Technical note: Emission factors, chemical composition, and morphology of particles emitted from Euro 5 diesel and gasoline light-duty vehicles during transient cycles. Atmospheric Chemistry and Physics, 21(6), 4779–4796. https://doi.org/10.5194/acp-21-4779-2021
Lopes, M., Serrano, L., Ribeiro, I., Cascão, P., Pires, N., Rafael, S., Tarelho, L., Monteiro, A., Nunes, T., Evtyugina, M., Nielsen, O. J., Gameiro da Silva, M., Miranda, A. I., & Borrego, C. (2013). Emissions characterization from EURO 5 diesel/biodiesel passenger car operating under the new European driving cycle. Atmospheric Environment, 84, 339–348. https://doi.org/10.1016/j.atmosenv.2013.11.071
Naufal, R. M., & Juni, R. (2025). Penerapan Peraturan Emisi pada Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari Kendaraan Bermotor di Indonesia. BACARITA Law Journal, 5(5), 202–208.
Ntziachristos, L., Vonk, W., Papadopoulos, G., Mensch, P. van, Geivanidis, S., Mellios, G., Papadimitriou, G., Steven, H., Elstgeest, M., Ligterink, N., & Kontses, A. (2017). Effect study of the environmental step Euro 5 for L-category vehicles.
O’Driscoll, R., Stettler, M. E. J., Molden, N., Oxley, T., & ApSimon, H. M. (2017). Real world CO2 and NOx emissions from 149 Euro 5 and 6 diesel, gasoline and hybrid passenger cars. Science of the Total Environment, 621, 282–290.
onesolution.pertamina.com. (2023). Ini Dia Jenis Bahan Bakar Mesin Diesel Pertamina. Onesolution.Pertamina.Com.
PerMen-LHK No 8. (2023). Per_Men-LHK No 8 Thn 2023 Tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan Bermotor. Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, July, 1–23.
Permenperin 27 thn. (2020). Permenperin No.27 thn 2020 Tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan dan Ketentuan Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).
pertamina.com. (2021). Hasilkan Performa Optimal dan Ramah Lingkungan, Pertamina Dorong Kendaraan Diesel Gunakan Dex Series. https://www.pertamina.com/
Prati, M. V., Costagliola, M. A., Zuccheroso, A., & Napolitano, P. (2019). Assessment of Euro 5 diesel vehicle NOx emissions by laboratory and track testing. Environmental Science and Pollution Research, 26(11), 10576–10586. https://doi.org/10.1007/s11356-019-04486-7
Susamto, A. A. (2025). DAMPAK POTENSIAL ADOPSI STANDAR EMISI EURO 4-6. Core Indonesia.
Williams, R., Hamje, H., Zemroch, P. J., Clark, R., Samaras, Z., Dimaratos, A., Jansen, L., & Fittavolini, C. (2016). Effect of Fuel Properties on Emissions from Euro 4 and Euro 5 Diesel Passenger Cars. Transportation Research Procedia, 14, 3149–3158. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2016.05.255
Zhang, K., Hu, J., Gao, S., Liu, Y., Huang, X., & Bao, X. (2010). Sulfur content of gasoline and diesel fuels in northern China. Fuel, 89(10), 2721–2728. https://doi.org/10.1016/j.fuel.2010.03.040%0AScienceDirect
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/MBCIE.2025.34006
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal ISSN:
![]() | e-ISSN |
---|---|
2988-4284 |
Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering
Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/
The Journal is Indexed and Journal List Title by:
in Collaboration with: