Transformasi Digital UMKM Thrift : Strategi Pemasaran Efektif untuk Meningkatkan Penjualan Pasca Pandemi

Chaello Agries Putra Sasongko, Dewanto Azmi Pradana, Dewanto Azmi Pradana, Moch Zaenal Arief, Moch Zaenal Arief, Arisky Yudha Pratama, Arisky Yudha Pratama, Galih Prasetyo, Galih Prasetyo, Muhammad Alfarizy Putra, Muhammad Alfarizy Putra, Iman Gunawan, Iman Gunawan, Alif Rohmat, Alif Rohmat, Mohammed Fariz, Mohammed Fariz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan baju thrift  pasca pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah studi literatur, observasi, dan wawancara mendalam terhadap pelaku usaha dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial, marketplace, dan iklan berbayar secara signifikan mampu meningkatkan visibilitas dan penjualan. Strategi pemasaran digital menjadi lebih optimal jika didukung pemahaman digital marketing funnel, adaptasi konten, dan analisis perilaku konsumen. Namun, pelaku usaha masih menghadapi tantangan seperti persaingan yang ketat, keterbatasan literasi digital, dan isu kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, pelatihan berkelanjutan serta dukungan kebijakan pemerintah diperlukan untuk memperkuat daya saing UMKM thrift  di era digital.


Keywords


Digital marketing; MSME; Post-pandemic; Sales strategy; Thrift clothing

Full Text:

PDF

References


Aprilia, R., Wibowo, P., & Sitorus, F. (2022). Implementation of digital marketing in maintaining MSMEs during the Covid-19 pandemic. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2283–2291.

Andini, G., Bahrudin, M., & Ghofur, R. A. (2022). Strategi digital marketing di masa pandemi Covid-19: Studi UMKM di Kota Metro. [Manuscript].

Fitria, L., & Lubis, F. A. (n.d.). Analisis strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan bisnis online pada Suhada Grup. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Industri. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i3

Haryani, D. S., Ratnasari, S. L., Fauzar, S., Putri, A. S., & Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang. (2022). Effectiveness of digital marketing in the new normal era for MSMEs in Tanjungpinang. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 554–565.

Kamaruddin, & Usman, U. (2024). Analisis hubungan digitalisasi marketing dengan profitabilitas usaha: Studi pada UMKM pasca pandemi Covid-19. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 196–206. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.8725

Khasanah, L. N., Nafiyah, I., & Khomsah, N. (2022). Peran digital marketing bagi UMKM di masa pandemi. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 196–202.

Lumiu, A. N., & Sundari, A. (2022). Pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan UMKM Area Kids pada masa pandemi Covid-19 di Kota Cimahi. Journal of Tax and Business, 3(2), 214–223. https://doi.org/10.55336/jpb.v3i2.104

Mahmud, M. (2022). Pemanfaatan media sosial & e-commerce guna peningkatan penjualan produk UMKM pada masa pandemi. Mopolayio: Jurnal Pengabdian Ekonomi, 2(1), 20–28.

Mauliza, B. N., & Sulistyawati, E. (2021). Strategi pengembangan UMKM melalui digital marketing sebagai peningkatan pemasaran di masa pandemi Covid-19. Opinia de Journal, 1, 108–127.

Noviana, T. N., Rahmat, D., & Nuryusuf, P. (2022). Optimalisasi digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM pasca pandemi Covid-19 di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12–23.

OECD. (2020). Coronavirus (COVID-19): SME policy responses. Tackling Coronavirus (COVID-19): Contributing to a Global Effort.

Rizky, M. F., Permana, E., & Studi Administrasi Bisnis Terapan. (n.d.). Analisis strategi bisnis menggunakan digital marketing pada UMKM pasca pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Niaga. http://ejournal.unikama.ac.idHal|142

Soleh, M., Adinugraha, H. H., & Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam IAIN Pekalongan. (2022). Penerapan strategi digital marketing pada UMKM di masa pandemi COVID-19 (Studi pada Mebel Putra Jaya Desa Spait). AmaNU: Jurnal Manajemen dan Ekonomi.

Sutarto, S. N., & Hwihanus, H. (2025). Analisis pengaruh digital marketing terhadap peningkatan penjualan UMKM di era pasca pandemi. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 3(1), 124–131. https://doi.org/10.59024/jumek.v3i1.520




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/MBCIE.2025.34083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

 

in Collaboration with: