Virtual Tour Pameran Tetap Galeri Nasional Indonesia Sebagai Inovasi Berwisata Di Masa Pandemi

R.Berto Basilissa Wedhatama

Abstract


Akibat pandemi covid-19 banyak terjadi perubahan termasuk pada sektor pariwisata, larangan berkerumun, kesulitan akomodasi, transportasi dan kewajiban untuk menjaga jarak  membuat orang kesulitan untuk berwisata. Akibatnya banyak orang memilih untuk tetap di rumah demi tetap sehat.

Ditengah  kesulitan akibat pandemi ini terdapat  inovasi yang membuat orang tetap dapat berwisata meski hanya dari rumah saja. Teknologi virtual tour membuat orang dapat merasakan sensai berada di suatu tempat tanpa harus hadir secara fisik di  berbagai destinasi wisata termasuk di Galeri Nasional Indonesia (GNI).

Penelitian ini berusaha secara deskriptif menggambarkan hasil wawancara, observasi peneliti dengan mencoba sendiri layanan virtual tour di GNI dan hasil literasi beberapa jurnal dan dokumentasi pemberitaan dari media online yang kredibel dan terdaftar di dewan pers seperti apa sensasi yang dirasakan saat berkunjung ke pameran tetap di GNI di masa pandemi.

GNI berhasil mengadopsi teknologi virtual tour dengan baik dan menarik minat pengunjung untuk berwisata budaya selama masa pandemi karena virtual tour cenderung aman bagi masyarakat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: