PENGUATAN RESILIENSI BISNIS MEDIA DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KOMPASTV)

silvi lona tarigan

Abstract


 

Pandemi COVID-19 merupakan sebuah ‘peristiwa tidak terduga’ yang mengubah banyak hal termasuk memaksa perusahaan untuk menyesuaikan operasional bisnisnya. Sejumlah sektor usaha ‘terpukul’ pandemi termasuk bisnis media. Indikasinya dapat dilihat dari tren pendapatan iklan ke perusahaan yang menurun serta fenomena PHK seperti laporan yang masuk ke Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Pandemi menguji ketahanan perusahaan media untuk menyesuaikan operasional bisnis ditengah pandemi yang tak kunjung usai setelah satu setengah tahun lamanya. Tidak hanya bertahan tapi juga harus berinovasi agar bisnis tetap berjalan lancar saat tidak ada kepastian kapan pandemi usai. Pengembangan platform digital menjadi salah satu strategi media untuk bertahan dan mengembangkan pasar. KompasTV konsisten mengembangkan Social Networking Service/ SNS yang dimiliki untuk bertahan dan mengembangkan bisnis.       

 

 


Keywords


COVID-19, Resiliensi, Media Digital SNS, Televisi

Full Text:

PDF

References


Penelitian Terdahulu

Convergence of media and transformation of audience

Denis Kalamar, 2015 Metode deskriptif, Penelitian empiris.

Logika media berubah karena perkembangan teknologi dan popularitas internet. Konsentrasi media mengubah citra ruang dan sarana media konvergensi dalam produksi konten. Mengacu pada integrasi editororship dan reorganisasi organisasi media yang sama.

Konvergensi media mengubah operasional media dari tradisional menyesuiakan perkembangan internet.

Media Convergence: A Case Study of a Cable News Station

J. Sonia Huang, Don Heider

Metode Etnografi, Studi Kasus

Intergrasi sumber daya untuk menciptakan nilai unik bagi audiens. keberhasilan praktik konvergensi terletak pada orang-orangnya dalam memproduksi media bagi dua kanal berbeda. SDM terlibat dalam redaksional dan digital memiliki peran penting kesuksesan sebuah praktik konvergensi media.

Competitive business advantages in the era of Unified SuperConvergence

Robert J. Bonometti (2009) Perkembangan perasional bisnis Konvergensi yang mengikuti perkembangan pasar yang kuat. Bisnis akan bersiap mendorong pertumbuhan yang lebih kuat melalui layanan produk di multi paltform. Peluang bisnis di era Unified SuperConvergence Media yang mengikuti perkembangan konvergensi akan memiliki peluang mempertahankan atau bahkan mengembangkan bisnisnya.

(Opportunities) Death of the Newspaper Industry in the Digital Age and the Pandemic COVID-19.

Supadiyanto, 2020 Kualitatif-postpositivistik-deskriptif-argumentatif.

Jumlah pengguna internet di Indonesia terus naik terutama di tengah pandemi yang meningkatkan aktifitas WFH. Ini menekan bisnis media cetak yang memaksa pula media cetak untuk mengadaptasi perkembangan digital tersebut untuk menyelamatkan bisnis. Bisnis korporasi tertolong dengan adanya pemaksimalan kanal digital KompasTV.

Impact of Covid-19 on Media & Entertainment Industry In India

Yusra Khan, 2021 Kuantitatif, survey

Pandemi Covid-19 menekan bisnis industri media di India. Padahal, Industri media dan hiburan sangat besar dan menampung banyak tenaga kerja. Media dan para pekerjanya merasakan terimbas dampak buruk.

Mengukur tekanan pandemi Covid-19 terhadap bisnis media nasional.

Dampak COVID-19 Pada Industri Siaran Televisi di Indonesia

Mustafa,2021 Metode library research.

Media menyesuaikan operasional bisnis selama Pandemi Covid-19. Sejumlah strategi dilakukan seperti menayangkan program ulang. Kesimpulannya, media masih berjuang mempertahankan bisnis ditengah pandemi Covid-19 Cara-cara media Nasional dalam menjalankan bisnis selama pandemi Covid-19.

Eksistensi media cetak pada masa pandemi covid -19

Bella Dwi Syahputri Ispriadi , Devy Anggita Putri2, Prahasti Ken Dewani Deskriptif Kualitatif

Bisnis Media cetak tertekan pandemi covid-19, masyarakat lebih memilih media digital memperoleh informasi karena lebih cepat. Sejumlah medi cetak tercatat gulur tikar. Mengembangkan media digital menjadi keharusan media nasional untuk mempertahankan pasar.

The covid-19 pandemic impact on industries performance: an explorative study of indonesian companies

Agus Purwanto,Mochammad Fahlevi, Akhyar Zuniawan, Rahardhian Dimas Puja Kusuma, Heri Supriatna, Edna Maryani6 Kualitatif, studi kasus eksplorasi

Pandemi covid-19 memukul sejumah sektor usaha sehingga mengakibatkan peningkatan angka pengangguran. Beberapa industri mengurangi impor dan karyawannya, itu dari sisi negatif. Ternyata, pandemi covid-19 juga memilik dampak positif bagi sebagain sektor usaha seperti industri parmasi. Media massa bisa menimbulkan dampak negatif atau bahkan postif. Salah satunya mengikuti selera pasar melalui pemaksimalan sejumlah metode seperti pemaksinalam konvergensi media.

Role of Media (Television) in Creating a Positive Atmosphere in COVID-19 during Lockdown in India

Nishu Ayedee, Sanjay Manocha, 2020 Deskriptif dan eksploratif

Media televisi memiliki peran mencipatakan pesan baik kepada masyarakat ditengah pandemi covid-19. Secara emosional masyarakat India merasa lebih nyaman melalui tayangan yang diberikan. Ja Pesan positif seperti mengingatkan masyarakat pentinganya 3M merupakab kontribusi televisi membantu pemerintah menngingatkan masyarakat akan bahaya Covid. Selain itu, adanya sejumlah tayangan yang menghibur bisa menarik minat masyarakat lebih banyak habiskan waktu untuk menonton televisi. Dengan demikian diharapkan dampak negatif covid-19 bisa berkurang. Bisnis pun bisa pulih lebih cepat

The impact of COVID-19 lockdown on internet use and escapism in adolescents.

Blossom Fernandes, Urmi Nanda Biswas, Roseann Tan-Mansukhani, Alma Vallejo & Ceciilia A.Essau, 2020 Survei

Para remaja lebih banyak menghabiskanw waktu menghabiskan waktu bermain media sosial dan game selama pandemi dengan berbagai alasan salah satunya kekuatiran terdampak covid-19. Penelitian bisa menjadi rujukan bagi media untuk menyediakan tayangan yang dibutuhkan pasar.

Corporation Creative Potential As The Basis Of Its Competitiveness

Olga Brizhak, 2020 Metode analisis sistemik dan komparatif,observasi, politik-ekonomi dan metode kelembagaan; sumber daya ekonomi kreatif dan digital terlibat

Kreatiifitas meningkatkan kemampuan bersaing dengan perusahaan lainnya dalam perkembangan ekonomi digital. Media yang berinovasi menyesuikan diri di era digital mampu bersaing dengan media lainnya da tentu bisa mengembangkan bisnis lebih luas.

The Impact of the COVID-19 Pandemic on Business Expectations

Brent H. Meyer, Brian Prescott, and Xuguang Simon Sheng

Survei

Perusahaan mengakui tekanan hebat pandemi, pemotongan gaji karyawan dilakukan pada tahun 2020. Hasil survei banyak perusahaan yang tidak yakin akan kondisi bisnis saat pandemi.

Bisnis harus berjalan meski pandem belum usai. Peneliti akan menganalisa efisiensi bentuk apa saja yang telah dan akan dilakukan korporasi untuk menolonh perusahaan.

Digital ecosystems and their implications for competitive strategy.

Mohan Subramaniam

Membingkai lingkungan bisnis sebagai ekosistem digital memungkinkan untuk mengenali aspek-aspek baru dari strategi bersaing, dalam hal bagaimana perusahaan dapat memperluas cakupan penciptaan nilai mereka, bagaimana mereka menghadapi persaingan yang meluas dan dinamika persaingan baru. Pengembangan bisnis digital memperkenalkan kepada ‘psikologi’ penonton baru di media baru. Minat penonton SNS atas konten yang tersedia beragam.

Social Media, the Digital Revolution, and the Business of Media.

Andreas M. Kaplan

Peran media sosial kini tidak lagi sekedar hiburan tapi juga mampu menentukan sikap individu. Para Eksekutif bisnis, konsultan, dan pembuat keputusan semua mencoba menyesuiakan diri dengan permintaan pasar. Media mengembangakan SNS menjadi jawaban menyesuikan diri dengan karakter pasar yang baru.

Corporate Social Responsibility: Business Responses to Coronavirus (COVID -19) Pandemic

Appel Mahmud, Donghong Ding, Md. Morshadul Hasan

Analisi isi

Mengeksplorasi bagaimana para pemimpin CSR menanggapi COVID-19. Pemangku kepentingan mendukung kepentingan internal karyawan, eksternal. Pemimpin CSR harus lebih berkonsentrasi memenuhi kebutuhan mendesak di tingkat regional lokal dan internasional. Pemimpin CSR Amerika Serikat mengadopsi berbagai mekanisme untuk melindungi karyawan mereka, melanjutkan layanan pelanggan, dan komunitas yang peduli melalui beragam inisiatif CSR. Media menjalankan bisnis dengan baik berinovasi tapi juga tidak mengesampingkan kebutuhan SDM internal perusahaan.

Media Evolution: Emergence, Dominance, Survival and Extinction in the Media Ecology

Carlos A. Scolari

Media baru muncul, media lain sedang melalui fase hegemoni dan media lama mencoba menyesuaikan diri untuk bertahan hidup. Media mengalami dinamika simulasi selama siklus operasional mereka. Jumlah media terus bertambah maka persaingan semakin ketat terutama hadirnya media baru. Media tradisional sudah harus menyesuaikan diri untuk bertahan di tengah persaiangan ketat.

Organizational Resilience: Towards a Theory and Research Agenda

Timothy J. Vogus and Kathleen M. Sutcliffe

Kualitatif

Menemukan bagaimana organisasi menyesuaikan diri secara positif di bawah kondisi kesulitan sehingga mucnul lebih banyak akal dan inovasi

Tekanan memaksa perusahaan untuk bersikap lebih fleksibel melakukan sejumlah inovasi.

Dimensions of Business Resilience in the Context of Post-Disaster Recovery in Davao City, Philippines

Karl P. Campos

Kualitatif & kuantitatif dengan Metode deskripsi

Mendeskripsikan faktor dan atribusi resiliensi bisnis di kota Davo pasca bencana. Mengamati sejumlah sektorn usaha yang punya daya tahan terkuat. Penelitian menelaaah startegi bisnis media bertahan dari dampak pandemic Corona.

Crisis Management for Small Business during the

COVID-19 Outbreak: Survival, Resilience and Renewal

Strategies of Firms in Macau Kualitatif, studi kasus

Meneliti bisnis UKM di Macau China yang mengalamin kerugian akibat terdampak pandemi. Maka strategi bertahan bisnis ditemukan dalam lima kategori operasi, keuangan, sumber daya manusia, produk, dan jaringan. Hasil penelitian mengusulkan UKM untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, produk keuangan, menyesuaikan diri alias belajar secara dinamis dan property/ peralatan. Penelitian mendalami dampak pandemi pada bisnis media dan mengulas trategi bertahan operasional bisnis media selama pandemi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: