PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA ONLINE COFFEE SHOP DI JAKARTA
Abstract
Kedai kopi online telah menjadi fenomna bisnis di kota-kota dan jumlahnya telah menca[ai ribuan. Tidak sedikit kedai kopi online yang bermerk lokal yang kini berkembang pesat dan muncul sebagai the top brand. Perkembangan positif ini tidak terlepas dari semakin pesatnya perkembangan media sosial. Berlatar belakang permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness di kalangan konsumen kedai kopi online Jakrata. Teori yang digunakan adalah Social Media Marketing (SMM) dan Brand Awarness. Adapun hipotesis teori adalah: “Social Media Marketing Activities berpengaruh positif terhadap Brand Awareness.”Pendekatan penelitian adalah kuantitatif eksplanatori. Tipe penelitian ini sebagai studi kausal asimetri. Metode penelitian adalah metode survei. Populasi adalah seluruh warga Jakarta yang pernah menjadi pembeli minimal satu kali kali dalam enam bulan terkahir pada online coffee shop di Jakarta.Mengingat sampling-frame populasi tidak diketahui, maka perhitungan sampel menggunakan rumus dari Tabachnick & Fidell (2013). Jumlah sampel 209 rersponden. Teknik sampling adalah purposive sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner tertutup dengan Skala Likert 1-5. Teknik pengumpulan data primer melalui survei, sedangkan teknik pengumpulan data sekunder menggunakan metode study desk, yakni studi literatur melalui bahan-bahan yang tersedia dengan material cetak (buku, jurnal, dokumen, berita dan lain-lain) maupun material digital melalui medium internet. Uji instrumen, untuk uji validitas menggunakan R Product Moment, dan nilai Cronbach’s alpa untuk uji reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif, dan teknik analisis ordinary least square (OLS), dalam hal ini teknik analisis regresi sederhana, dengan bantuan perangkat lunak IBM-SPSS 24. Uji signifikasi menggunakan uji t . Hasil penelitian menunujukkan bahwa variabel Social Media Marketing (SMM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Brand Awareness pada warga Jakarta konsumen kedai kopi online.
Keywords
Social media marketing, brand awareness, kedai kopi online, regresi linear sederhana
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v13i1.19815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by: