STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TAMAN MINI INDONESIA INDAH DI MASA PANDEMI COVID-19

Yakub Layuk Paembonan, Suraya Suraya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategi komunikasi pemasaran dalam promosi pariwisata di Taman Mini Indonesia Indah di masa pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui implementasi strategi komunikasi pemasaran dalam promosi pariwisata di Taman Mini Indonesia Indah di masa pandemi Covid-19. Image dari suatu destinasi merupakan faktor penentu dalam pilihan liburan bagi wisatawan. Wisatawan memperoleh informasi tentang image obyek wisata dari komunikasi pemasaran di media sosial instagram sehingga informasi yang tersedia di media sosial tersebut memberikan daya tarik wisatawan untuk datang berlibur. Selanjutnya, pada metodologi penelitian menggunakan metode kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Analisis data kualitatif menggunakan analisis data interaktif dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) strategi komunikasi pemasaran promosi pariwisata di Taman Mini Indonesia Indah di masa pandemi Covid-19 adalah dengan mengevaluasi melalui analisis SOSTAC dan (2) Implementasi strategi komunikasi yang diterapkan dalam upaya mempromosikan TMII di masa pandemi Covid-19 berupa adaptasi dengan keadaan dan menerapkan promosi dengan media digital. Pemanfaatanya melalui media sosial, Instagram dan Youtube. Menitikberatkan pada platform ini karena merujuk pada tren kekinian dimana pengguna aplikasi tersebut lebih banyak dari aplikasi medsos sejenis. Ini yang diharapkan agar keterikatan dengan pengujung bisa lebih erat.

 


Keywords


Strategi Komunikasi Pemasaran, Pandemi Covid-19, SOSTAC, Destination Image, Instagram, Youtube, TMII

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v12i1.22272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: