PROGRAM CUSTOMER RELATIONS PT DIPO STAR FINANCE DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN ”PASCA KRISIS PANDEMI COVID-19 DI PERUSAHAAN”

Ulfie Bavarianti Marla, Juwono Tri Atmodjo

Abstract


Sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia, perkembangan dunia bisnis sangat cepat dan membuat beberapa perusahaan harus bekerja lebih keras agar eksistensinya tetap diakui. Terkait program customer relations, PT Dipo Star Finance berfokus pada seberapa dekat hubungan dengan pelanggan yang ditentukan oleh pelayanan yang diberikan perusahaan. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan sebuah usaha untuk menyediakan jembatan strategis antara teknologi informasi dan strategi pemasaran yang bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan serta profitabilitas jangka panjang. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Subjek penelitian dalam hal ini adalah key informan (narasumber). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data mulai dari tahap mereduksi data, mengambil kesimpulan, dan membuat lembar rangkuman. Program customer relations yang dijalankan yaitu dengan menjalin hubungan baik dengan pelanggan secara terus menerus dan memperluas wawasan tentang produk dan layanan. Lalu memberikan value dalam bentuk solusi yang menjawab seluruh kebutuhan pelanggan. Terakhir menindaklanjuti dan menyelesaikan kebutuhan pelanggan secara cepat dan tepat. Adapun keterkaitan teori oleh Istambul M. R dalam peranan Customer Relationship Management dalam meningkatkan pelayanan pelanggan oleh perusahaan bahwa CRM adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra penjualan dan pasca penjualan dalam sebuah organisasi. Program customer relations PT Dipo Star Finance dalam membangun hubungan dengan pelanggan telah dijalankan sesuai dengan panduan dan arahan yang mengacu pada SOP (Standars Operating Procedure) dalam melayani pelanggan dan memenuhi kebutuhan transaksi dengan para pelanggan.

 


Keywords


Program, Customer Relations, Pelanggan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: