Pemodelan Komunikasi Personal Selling Raja Aqiqah Melalui Penjualan Jasa Hewan Kurban Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model tentang komunikasi personal selling Raja Aqiqah melalui jasa penjualan hewan kurban online. Peneliti menemukan bahwa pemodelan tersebut menghasilkan peningkatan pada penjualan jasa hewan kurban yang menggunakan media online berupa Website dan WhatsApp. Hal penting medasar dalam pemodelan komunikasi personal selling Raja Aqiqah adalah pentingnya keahlian komunikasi antar pribadi yang dimiliki oleh tenaga pemasar, yakni Openness, Empathy, Supportiveness, Positiveness, dan Equality.
Keberhasilan proses usaha online e-commerce Raja Aqiqah, juga ditemukan dalam pemodelan komunikasi personal selling melalui tahapan yang dibentuk untuk tenaga pemasar Raja Aqiqah, yaitu Perhatian (Attention) dengan cara Prospecting for Customer, Minat (Interest) dengan melakukan Opening the Relationship dan Qualifying the Prospect, Hasrat (Desire) dengan memberikan Presenting the Sales Message, dan Tindakan (Action) akhir untuk Closing the Sales serta Servicing the Account. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa keahlian komunikasi tenaga ahli pemasar yang didukung dengan Website dan WhatsApp memiliki andil penting dalam kelancaran komunikasi antara produsen dengan konsumen, serta dinilai sebagai media komunikasi yang efektif dan efisien dalam proses interaksi penyampaian pesan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan Raja Aqiqah, sehingga menjadi satu kesatuan dalam berkomunikasi dengan cara personal selling dengan dibantu media sosial untuk memberikan sinergi dalam peningkatan pemahaman produk serta penjualan jasa hewan kurban Raja Aqiqah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DeVito, Joseph A (1995). The Interpersonal Communication Book, Sixth Edition New York: Harper Collins College Publisher.
Kalakota Dan Whinston, Frontiers Of Electronic Commerce, Addison-Wesley Publilshing Company, Inc, Massachusetts, 1996.
Kertajaya, Hermawan (2010). Connect! Surfing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Mulyana, Deddy (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: PT Rosdakarya.
Schramm, Wilbur (1995). The Process and effects of Man Communication. Illionis: Universitas of Illionis Press.
Sumari, Andi Nata (2015), Kisah Sukses Anak Tukang Kayu Jadi Milyarder, Jakarta, Kingdom Alexandria
Wong, Jony, (2010), Internet Marketing for Beginners, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Yin, Robert K (1996). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Anthony, Villamor C. Paul and Roberto, Arguelles M. (2014). Personal Selling and Social Media: Investigating Their Consequences to Consumer Buying Intention. Journal of Business, Management, & Corporate Social Responsibility. Vol.14-15, No. 41-44. International Conference Batam, Indonesia.
Bimantara, Pandu. (2017). Proses Komunikasi Pemasaran Personal Selling (Studi Deskriptif Kualitatif pada Penjualan Produk Herbal Bio7 PT. Unimex Power Distributor Cabang Kuningan). Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah, Cirebon, Indonesia. Vol.52: 29. https://e-journal.umc.ac.id/.
Denys, Vasyl and Mendes, Júlio. (2012). Online Social Networks and New Marketing Approach. Journal of Egitania Sciencia, Portugal Vol.12, No.209-23. Gale Research, Inc., Detroit.
Drollinger, Tanya and Comeri, Lucette B. (2013). Salesperson's Listening Ability as an Antecedent to Relationship Selling. Journal of Business & Industrial Marketing Santa Barbara University. Vol. 28, No. 50-59. Proquest, doc. link.
Gorgos, Alexandra and Vatamanescu, Madalina. (2016). Online Communication and E-Commerce Dynamics in the European Union. A ConsumerBased Approach. Journal of Revista de Management Comparat Romania, Bucharest Vol.17, No.335-349. Proquest, doc. link.
Hall , Amanda K., Stellefson, Michael, and Bernhardt, Jay M. (2012). Healthy Aging 2.0: The Potential of New Media and Technology. Journal of Preventing Chronic Disease. Vol.9: E67. Articles in PMC US National Library of Medicine National Institutes of Health Clifton Road Atlanta, USA.
Hidayat, Sarif, ; Suryantoro, Hari, ; dan Wiratama, Jansen. (2017). Pengaruh Media Sosial Facebook terhadap Perkembangan E-Commerce di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Indonesia. Vol.8, No.415-420. SIMETRIS http://jurnal.umk.ac.id/.
Kusniadji, Suherman. (2017). Kontribusi Penggunaan Personal Selling Dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Pada Era Pemasaran Masa Kini. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanegara, Indonesia. Vol.9, No.176-183. http://elista.untar.ac.id/ ISSN 2085-1979, EISSN 2528 2727.
Maria M., Gaby. (2012). Proses Implementasi Strategi Komunikasi Melalui Social Media Dalam Menanamkan Citra Merek Di Mata Publik” (Studi Kasus: Terhadap Strategi Social Media Permen Kopi Kapal Api). Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. T31792, Hal.1-137. OPAC http://www.lib.ui.ac.id/.
Mudassir, Mohd. Moinuddin and Safiuddin, Syed Khaja. (2015). Does Digital Marketing Replace The Personal Selling: An Empirical Study of The Marketers. Journal of Management Research & Review. Vol. 5, No. 1142-1146. Article in IndianJournals.com IJMRR Hydarebad, Telangana, India.
Oh, Joon-Hee. (2017). A Conceptual Framework for Successful Salesperson Role Change Management. Journal of Business & Industrial Marketing Santa Barbara University. Vol. 32, No.1136-1143. Proquest, doc. link.
Perry, Monica L. and Shao, Alan T. (2003). Internet marketing communications in the selling process: A global study of advertising agencies' use of e-mail and Websites. Journal of Promotion Management, Binghamton. Vol.9, No.17-29. Proquest, doc. link.
Perwira, Satria Imam. (2010). Implementasi Sosial Media Marketing pada Strategi Pemasaran” (Studi Kasus: Pada Perusahaan Online Agency Virtual Consulting dan Think.WEB). Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. T 28528, Hal.1-132. OPAC http://www.lib.ui.ac.id/.
Saffu, Kojo, Walker, John H., and Hinson, Robert. (2008). Strategic Value and Electronic Commerce Adoption Among Small and Medium-Sized Enterprises in a Transitional Economy. Journal of Business & Industrial Marketing Santa Barbara University. Vol. 23, No. 395-404. Proquest, doc. link.
Zebrowski, Matthew G. (2014). Organics Online: Turning Problems into Selling Points. Journal of Transformative Studies Institute California, USA. Vol. 7, No.4. EBSCOhost. Industries, Inc.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v8i2.3887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by: