PENGARUH PENGGUNAAN VLOG JOKOWI PADA AKUN YOUTUBE “PRESIDEN JOKO WIDODO” TERHADAP CITRA POLITIK DAN ELEKTABILITAS MENJELANG PILPRES 2019

Ahmad Jamaluddin Islami

Abstract


Dalam perkancahan perpolitikan di Indonesia, Sosial Media menjadi sebuah alat atau media yang sangat disukai oleh para politikus pada umumnya, Presiden Jokowi yang dimana beliau menggunakan saran sosial media sebagai alat komunikasi atau media politik. Jokowi sendiri mempunyai berbagai akun sosial media antara lain, facebook, twitter, dan Youtube. Dimana setiap akun memiliki followers yang tidak sedikit jumlahnya. Melalui sosial media youtube itu sendiri, jokowi menampilkan kegiatan sehari-hari jokowi sebagai presiden RI, mulai dari kegiatan rumah sampai kegiatan kerja jokowi sebagai Presiden RI. Melalui media Youtube ini Jokowi secara tidak langsung melakukan sebuah pencitraan politik dimana itu sangat berguna untuk kancah perpolitikannya di Indonesia. Dan berdasarkan itu semua, Peneliti ingin meneliti tentang seberapa besar pengaruh Vlog Presiden Jokowi dengan Akun Youtube “Presiden Joko Widodo” terhadap Pencitraan Politik dan Elektabilitas Menjelang Pilpres 2019.
Penelitian ini ingin melihat apakah teori unsur komunikasi politik yang terdiri dari komunikator politik, pesan komunikasi politik, media komunikasi politik, komunikan politik, dan efek komunikasi politik. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei, dengan data yang diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada 221 orang responden.
Untuk hasil uji hipotesis didapatkan bahwa nilai t hitung uji 1 (10,907) > t tabel (1,652), dan nilai t hitung uji 2 (6,328) > t tabel (1,652). Angka tersebut menunjukkan bahwa kedua Ho ditolak dan kedua Ha diterima. Artinya ada pengaruh vlog jokowi terhadap citra politik dan elektabilitas menjelang pilpres 2019. Pengaruh yang ada bersifat positif dan signifikan. Komunikasi Politik yang dilakukan Presiden Jokowi melalui akun Youtubenya untuk menghasilkan sebuah citra politik dan elektabilitas, dan semua itu dilihat dari 5 unsur komunikasi politik tersebut, diantaranya komunikator politik, Media Komunikasi Politik, Isi atau Pesan Komunikasi Politik, Komunikan Politik, dan Efek Komunikasi Politik. Dalam pengujiannya melalui teori SOR, didapatkan bahwa terdapat respon atau efek dari stimulus melalui penggunaan vlog jokowi melalui beberapa pesan politik yang terdapat di beberapa vlog tersebut, yang menimbulkan adanya pandangan seseorang terhadap citra politiknya presiden jokowi dan juga menghasilkan ketertarikan khalayak untuk memilih jokowi pada pilpres 2019 nantinya.

Keywords


Sosial Media, Vlog, Presiden Jokowi, Citra Politik, dan Elektabilitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: