STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS CHECO DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Connie Marcella Tesalonika

Abstract


Checo adalah sebuah usaha bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman di Jatinangor. Checo sendiri telah berdiri selama kurang lebih 14 tahun dari tahun 2005 hingga 2019. Tahun 2019, Checo membuka cabang keduanya dengan tema Eat and Chill di daerah GKPN, Jatinangor yang berintegrasi dengan pihak hunian terpadu Wangsarajasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif untuk menjelaskan strategi pemasaran hubungan masyarakat yang telah dilakukan oleh Checo: Eat and Chill untuk meningkatkan kesadaran merek mereka. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pemasaran hubungan masyarakat yang meliputi: (1) pemasaran digital dan (2) pemasaran secara langsung. Pemilihan media sosial, pesan, dan kegiatan promosi serta publikasi yang digunakan Checo: Eat and Chill untuk membangun kesadaran merek menjadi tujuan dari penelitian. Data yang didapat melalui observasi dan wawancara. Informan terdiri satu informan utama yang merupakan bagian dari manajer pemasaran Checo. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran hubungan masyarakat berupa push, pull dan pass berperan dalam menaikan kesadaran merek Checo: Eat and Chill.

Keywords


strategi pemasaran humas; kesadaran merek; checo

Full Text:

PDF

References


Flyvbjerg, Bent. (2006). Five Misunderstandings About Case Study Research. SagePubJournal. 12(2):219.

De Pelsmacker, P. & Geuens, M. & Van Den Bergh, J. (2018). Marketing Communications: A European Perspective. FT Press.

Effendy, Onong Uchjana. (2005). Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Egan, J. (2015). Marketing Communications. SagePub Journal. Los Angeles.

Fill, C. (2013). Marketing Communications: Brand, Experience and Participation. Sixth edition. Pearson Education Limited.

Harlow. Fill, C. & Turnbull, S. (2016). Marketing Communications: Discovery, Creation and Conversations. Seventh Edition. Pearson Education Limited. Harlow.

Harris, Thomas L & Whalen, Patricia. T (2006), The Marketer’s Guide to Public Relations in The 21st Century. Thompson South Western Corporation.

Jefkins, F. (1998). Public Relations. Franeworks. London: Financial Times.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition. Pearson Education Limited. Harlow.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. Fourteenth Edition. Pearson Prentice Hall. Upper Saddle River.

Widiana, M. E dan Sinaga Bonar (2010) Dasar-Dasar Pemasaran. Bandung: Karya Putra Darwati.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v9i2.7436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: