Binge-watching terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi Pada Masa pandemi Covid-19
Yelda Aryadila Pasay, Iriani Indri Hapsari, Santi Yudhistira
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh binge-watching terhadap stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 508 mahasiswa di JABODETABEK yang sedang menyusun skripsi dan dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Alat ukur yang digunakan adalah Student-life Stress Inventory (SSI) dan Binge-watching Engagement and Symptom Questionnaire (BWESQ). Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi = 0,000 < 0,05, dengan nilai R square sebesar 0,505. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara binge watchin terhadap stres akademik sebesar 50,5% dengan arah positif, sehingga tingkat stres akademik juga lebih tinggi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi COVID-19.