PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK AIR CONDITIONER PANASONIC MODEL CU/CS-YN5RKJ DENGAN METODE COMPETITIVE BENCHMARKING (STUDI KASUS DI PT. PANASONIC MANUFACTURING INDONESIA)

Hadrian Indra Gunawan

Abstract


Pengendalian kualitas produk merupakan usaha untuk menciptakan produk unggul serta berkualitas. Tanpa adanya pengendalian kualitas, penyimpangan-penyimpangan tidak akan diketahui sehingga perbaikan tidak bisa dilakukan dan akhirnya penyimpangan akan berkelanjutan.   Dengan menggunakan metode Competitive Benchmarking dilakukanlah langkah pengendalian kualitas terhadap produk Air Conditioner Panasonic model CU/CS-YN5RKJ. Pada penelitian ini dibahas mengenai  langkah-langkah Benchmarking terhadap produk pesaing TCL berdasarkan KPI (Key performance Indicator) produk yang bersumber dari brosure produk guna mengatasi permasalahan pada kuantitas produksi yang menurun. Sehingga diharapkan dengan adanya aktivitas benchmarking ini kualitas produk Air Conditioner Panasonic model CU/CS-YN5RKJ dapat meningkat dan lebih competitive terhadap produk pesaing TCL sehingga dapat mempertahankan angka kuantitas produksi sesuai target.

Kata Kunci : Air Conditioner Panasonic model CU/CS-YN5RKJ, Competitive Benchmarking, Key Performance Indicator, Pengendalian Kualitas, Produk pesaing TCL


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats