PENDEKATAN PENERAPAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE (TPM) DI STASIUN PRESS PALM OIL PADA MESIN DIGESTER DAN MESIN PRESS PT. BANGKITGIAT USAHA MANDIRI DENGAN MENGGUNAKAN INDIKATOR OEE DAN METODE FMECA (FAILURE MODE EFFECT AND CRITICAL ANALYSIS)

Dharmawan Setyo Kuncahyo

Abstract


PT. Bangkitgiat Usaha Mandiri (PT. BUM) merupakan bagian dari Nurdin Tampubolon Corporate (NT. Corporation) yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan minyak kelapa sawit (CPO). Perusahaan ini masih mengalami masalah terhadap losses minyak yang tinggi akibat dari kurang efektifnya kerja mesin yang tidak optimal karena system perawatan/ pemeliharaanya. Total Productive Maintenance (TPM) yang merupakan salah satu metode yang dikembangkan di Jepang yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi perusahaan dengan menggunakan mesin/peralatan secara efektif. Tujuan utama dari penerapan TPM adalah untuk mengidentifikasi dan mereduksi jenis kerusakan pada komponen kritis yang menjadi objek penelitian serta meningkatkan nilai overall equipment efficiency (OEE) sebagai ukuran performansi dari penelitian ini. Selain itu, metode yang digunakan untuk mereduksi jenis kerusakan pada penelitian ini adalah Failure Mode and Effect Criticaly Analysis (FMECA). Dari hasil analisis dan perhitungan yang dilakukan berdasarkan data – data tersebut, maka nilai OEE dari mesin digester dan mesin press dapat diketahui. Kemudian hasil nilai tersebut dilakukan perbandingan dengan keadaan sebelum dan setelah penerapan TPM. Nilai overall equipment effectiveness (OEE) sebelum penerapan antara 23,65 % - 24,72 %. Nilai OEE setelah penerapan antara 27,01 % - 27,04 %.

Kata kunci: sistem perawatan, Total Productive Maintenance, indikator Overall Equipment Effectiveness, Failure Mode and Effect Criticaly Analysis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats