PEMANFAATAN GOOGLE FORM DAN GOOGLE SPREADSHEET UNTUK TATA KELOLA DATA WARGA PONDOK MAHARTA RW 010 TANGERANG SELATAN

Reza Avrizal, Heru Sulistiono, Nasrulloh Isnain

Abstract


Banyaknya layanan publik yang gratis dalam memberikan analisis, survey dan pendataan yang menggunakan formulir online saat ini sangat bervariasi dan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri untuk setiap pengguna. Beberapa layanan formulir online seperti Survey Monkey, Google form, Zoho dan lainnya yang berlomba-lomba dalam memberikan layanan secara gratis. Kata gratis ini yang membuat pengguna harus pintar dalam memilihnya, ini dikarenakan adanya pendaftaran untuk mengisi profile kita sebelum bisa menggunakan layanan yang diberikan oleh sebuah formulir online dan terlebih lagi harus bisa mengakomodasi kebutuhan sebagai pengguna untuk memaksimalkan layanan formulir online. Google form adalah layanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dicustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei. Perumahan Pondok Maharta RW 010 yang memiliki 19 RT dan dihuni lebih dari 800 KK, para pengurus RW 010 belum memaksimalkan penggunaan teknologi.


Full Text:

PDF

References


Jurnal

Mardiana, T., & Purwanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. Universty Research Colloquium, 183–188.

Buku

Maxiresearch.2018.Google Forms Tutorials. Jakarta: PT. Mulia Karya Inovasi.

Sumber Internet

Alexander, A. (2016). Google Drive / Docs Tutorial 2016. Retrieved from Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=CeFJvXhFJd8

Anonim. 2016. Mengenal Google Forms untuk Kebutuhan Survey Anda di https://idcloudhost.com/mengenal-googleforms-untuk-kebutuhan-survey-anda/ (diakses 17 Mei 2019)

Edtech4class. (2015). Introduction to G Suite (Google Apps). Retrieved from Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=jMWrsRNveSI

Google.2019. Buat Formulir yang Indah di https://www.google.com/intl/id/forms/about/ (diakes 17 Mei 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13638

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13638.g5122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: