SOSIALISASI ETIKA BERINTERNET BAGI WARGA KEMBANGAN JAKARTA BARAT

Nia Kusuma Wardhani

Abstract


Internet adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia. Singkatan dari Interconnected Network ini memungkinkan kita berbagi  informasi  dan  berkomunikasi  dari  mana  saja  dan  dengan  siapa  saja.  Warga masyarakat  yang  menggunakan  internet  perlu  memahami  apa  saja  pemanfaatan  internet dalam berbagai bidang dan juga perlu memperhatikan etika ketika menggunakan internet. Permasalahan yang ada yaitu warga masyarakat khususnya yang masih usia remaja kadang kurang memahami internet dapat dimanfaatkan untuk bidang apa saja dan kurangnya etika dalam menggunakan internet sehingga banyaknya ujaran negative yang muncul di media sosial yang para remaja lakukan. Salah satu Tridharma pendidikan tinggi adalah melakukan kegiatan pelayanan masyarakat. sebagai bentuk penerapan disiplin ilmu kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian ini berjudul "Sosialisasi Pemanfaatan dan Etika Menggunakan Internet Bagi Remaja Warga Kembangan Jakarta Barat". Manfaat dari kegiatan ini diharapkan para remaja warga Kembangan dapat meningkatkan pemahamannya mengenai pemanfaatan internet di segala bidang dan lebih beretika dalam menggunakan internet untuk berbagai keperluan yang memberikan manfaat kepada khalayak banyak.

 

Kata Kunci: Etika Berinternet; Internet; Pemanfaatan Internet


Full Text:

PDF

References


Candraningrum, D. A., Widayatmoko, W., & Utami, B. 2019. Etika Dan Budaya Berinteraksi Di Media Sosial Di Sma Warga Surakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1).

Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 2006. Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Putri, K. A., & Sawitri, D. R. (2018). Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Interpersonal Siswa Dan Guru Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Empati,

(1), 165–174.

Solihah, N. A., & Solichin, M. (2019). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa

Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam.

Surniandari, A. (2017). Hatespeech Sebagai Pelanggaran Etika Berinternet Dan

Berkomunikasi Di Media Sosial. Simnasiptek 2017, 1(1), 137-142.

Rachmatika, R., Harefa, K., Rosyani, P., Herry, N. A. S., & Priambodo, J. (2020). Sosialisasi Internet Sehat Dan Etika Bermedia Sosial Untuk Pkk Griya Indah Serpong. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat,1(1), 56-62.

Ratama, N., Saifudin, A., Munawaroh, M., Yulianti, Y., & Desyani, T. (2020). Pembelajaran Dalam Peningkatan Pengetahuan Internet Sehat dan Aman Bagi Ibu-ibu PKK Griya Indah Serpong RT. 01 RW. 15. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,

Straubhaar, Joseph; Robert LaRose; Lucinda Davenport (2010). Media Now, Understanding Media, Culture and Technology, Wadsworth Cengage Learning, Boston, Boston.

Wijaya, I. G. P. S., Widiartha, I. B. K., Bimantoro, F., Husodo, A. Y., & Nugraha, G. S. (2019). Penyuluhan Tentang Internet Sehat Dan Etika-Nya Untuk Masyarakat Desa Suranadi Kabupaten Lombok Barat Provinsi Ntb. Abdi Insani, 6(3), 340-347.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13810

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13810.g5125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: