SOSIALISASI DAN OPTIMALISASI PENGGUNAAN INTERNET PADA USIA REMAJA DAN TRIK-TRIK BERHITUNG PADA MI MIFTAHUL HUDA DESA DANGDANG

Rusyda Maulida, Thoyyibah T, Tita Puspitasari, Tomi Hardi, Wasis Haryono

Abstract


Desa Dangdang adalah salah satu desa untuk program binaan oleh Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang. Dangdang merupakan salah satu desa miskin yang berada di kabupaten tangerang, yang berlokasi di kecamatan Cisauk. Desa Dangdang dikategorikan sebagai desa miskin dapat dilihat dari keadaan desa yang sebagian besar penduduknya yang masih bekerja sebagai buruh serabutan, baik sebagai buruh tani, maupun buruh tambang yang penghasilannya kurang dari Rp.20.000/hari. Salah satu fasilitas di Desa Dangdang adalah MI Miftahul. Pengabdian kepada masyarakat kali ini subjeknya adalah siswa-siswa kelas 6 dan guru. Siswa siswa kelas 6 belum banyak mengenal internet. Di usia mereka yang beranjak remaja dirasa perlu pembekalan mengenai optimalisasi internet, agar mereka dapat menggunakan internet dengan bijak, mengetahui dampak positif dan negative dari penggunaan internet, dan mengetahui kejahatan online yang mungkin yang terjadi. Permasalahan lainnya yang dihadapi oleh siswa/I MI miftahul Huda adalah dalam pembelajaran Matematika. Siswa siswa/I merasa kesulitan ketika dihadapkan dengan soal operasi hitung campuran yang mencakup penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Tim Program Pengabdian Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang ikut serta membantu memecahkan persoalan yang dihadapi oleh MI Miftahul Huda dengan judul PKM: “Sosialisasi dan Optimalisasi Penggunaan Internet Pada Usia Remaja dan Trik-trik Berhitung: Cara Mudah dalam Operasi Hitung di MI Miftahul Huda Desa Dangdang, Kec. Cisauk, Kab, Tangerang, Banten”. Adapun tujuan program ini adalah: (1) mendukung program pemerintah (DIKTI) secara optimal dengan langusng terjun ke masyarakat, (2) melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman dan bekal kepada siswa/I tentang pengoptimalan penggunaan internet di usia remaja, (3) memberi pemahaman mengenai trik berhitung, cara mudah dalam operasi hitung.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Buku Saku Mendidik Anak Di Era Digital-edLina. (n.d.).

Data Referensi Pendidikan. (n.d.). Retrieved October 5, 2021, from https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=69752526

Desa Binaan Graha Kirana - Graha Kirana. (n.d.). Retrieved October 5, 2021, from https://grahakirana.ac.id/en/desa-binaan

Elita, S.-. (2012). Efektifitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian Bagi Anak Kesulitan Belajar (Single Subject Research di Kelas V SDN 24 Aie Angek Sijunjung). E-JUPEKhu, 1(1), 32. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Oktavianingtyas, E. (2015). Media Untuk Mengefektifkan Pembelajaran Operasi Hitung Dasar Matematika Siswa Jenjang Pendidikan Dasar. Pancaran Pendidikan, 4(4), 207–218.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13962

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13962.g5132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: