PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA AJAR INTERAKTIF KONSEP BILANGAN TINGKAT KANAK-KANAK BERBASIS POWER POINT

Dwi Marlina, Za'imatun Niswati, Alusyanti Primawati

Abstract


Usia peserta didik pada jenjang TK (Taman Kanak-kanak) merupakan usia yang membutuhkan benda dan bentuk konkret dalam setiap penyampaian materi yang disampaikan oleh guru. Belajar mengenal angka atau konsep bilangan pada anak usia TK dengan cara menghitung benda. Keterampilan menghitung berkaitan dengan perkembangan berpikir anak. Kegiatan pembelajaran daring di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menuntut guru-guru PAUD yaitu guru TK harus dapat memanfaatkan teknologi sebagai media dengan tepat. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu pengajaran yaitu penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kemampuan peserta didik, sehingga tercapai tujuan pengajaran secara optimal. Guru di TK sudah tentu mengikuti perkembangkan teknologi yang menuntut profesional profesinya dalam mengajar. Kondisi pandemi saat ini guru dituntut untuk dapat menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran. Kebutuhan akan keterampilan membuat media belajar interaktif untuk pembelajaran jarak jauh saat pandemi merupakan permasalahan dari mitra yaitu TK Gugus Cempaka-Lili Lenteng Agungg. Maka pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan membuat media interaktif konsep bilangan menggunakan Power Point menjadi solusi dari permasalahan mitra. Kegiatan dilakukan secara daring dengan menggunakan fasilitas Zoom Meeting. Hasil dari kegiatan adalah guru memperoleh pengetahuan dari ketrampilan membuat media ajar interaktif khusunya dalam mengajarkan konsep bilangan tingkat TK.


Full Text:

PDF

References


Agustiana, L., & Rusmana, I. M. (2018). Pemanfaatan Microsoft Power Point sebagai Alternatif Media. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 374–379.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Fauzan, M. N., Resdiana, W., & Hamidin, D. (2017). Aplikasi Cerdas Cermat Online Realtime untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika, 14(1), 22–27. https://doi.org/10.9744/informatika.14.1.22-27

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 96–102.

Microsoft. (n.d.). Microsoft PowerPoint - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

Mukasri. (2019). Penerapan Media Kubus Angka untuk Meningkatkan. 4(November), 482–487.

Purwanto, A., Pranomo, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Mayesti, L., Wijayanti, Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCOuns Journal, 2(1), 1–12.

Rawa, N. R. (2017). Tingkat Metakognisi Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Introvert-Extrovert. Jurnal Tunas Bangsa, 229–245., 5–24.

Salsabila, U. H., Utami, S. N., Zahra, A., Haikal, F., & Cahyono, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Online Selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4412063

Srinadi, N. L. P. (2015). Analisis Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika 2015, STMIK STIKOM Bali, 9–10.

View of Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19_ Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung.pdf. (n.d.).

Wulandari, M. A., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” Pada Guru Sekolah Dasar di Era COVID 19. Jurnal Imiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164–168.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i2.17538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: