PELATIHAN DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN LANDING PAGE UNTUK PELAKU UMKM DI PETUKANGAN

Devit Setiono, Dewi Kusumaningsih, Yulianawati Yulianawati, Mohammad Syafrullah, purwanto Purwanto, Mardi Hadjianto, Triana Anggraini

Abstract


Pelatihan digital marketing untuk pelaku UMKM di Petukangan berfokus pada pemanfaatan landing page sebagai strategi pemasaran yang efektif. Dalam era digital ini, UMKM perlu beradaptasi dengan cepat untuk tetap bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah melalui penggunaan landing page. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya landing page dalam strategi digital marketing. Para peserta akan diajarkan bagaimana merancang dan mengoptimalkan landing page yang menarik dan fungsional. Materi pelatihan mencakup teknik penulisan konten yang persuasive dan desain yang menarik. Metode dalam pelatihan ini adalah peserta akan diberi kesempatan untuk mempraktikkan pengetahuan yang diperoleh melalui sesi praktikum langsung, sehingga mereka dapat mengaplikasikannya dalam bisnis mereka sendiri. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Hal ini diharapkan dapat membuka peluang pasar baru, meningkatkan penjualan, dan pada akhirnya mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Pelatihan ini merupakan inisiatif penting dalam mendukung transformasi digital bagi UMKM di Petukangan, dengan tujuan akhir untuk memberdayakan mereka agar lebih kompetitif dan berdaya saing di era digital. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan bisnis individu tetapi juga bagi perkembangan ekonomi komunitas secara keseluruhan dan peningkatan penggunaan platform canva.


Full Text:

PDF

References


Hasbi., & Christi, S. R. N. (2022). Pelatihan pemanfaatan teknologi di era digital. Abdimas Unipol: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–38. https://doi.org/28305302

Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970–1978. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699

Jurnal, J., Bhakti, A., Dan, P., Digitalisasi, P., & Dan, P. (2024). Perancangan Dan Pembuatan Digitalisasi Promosi Dan Penjualan Dapoer Zaloe Landing Page Dengan Cms Canva. 5(1), 13–23.

Pratiwi, A. M., & Rohman, A. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Dengan Pendekatan Analisis Swot Perspektif Marketing Syariah Pada Toko Fihadaessie Surabaya. Jesya, 6(1), 881–898. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1018

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592

Sihotang, E. T., Nita, R. A., Budiana, K. M., & Yutanto, H. (2024). Pendampingan Pemasaran Digital Melalui Pemanfaatan Landing Page sebagai Media Promosi Usaha Katering. 15(2), 238–245.

Siska Narulita, Prihati, P., Priyambodo, A., Aditya, G., & Safari, T. (2023). Digital Marketing melalui Pemanfaatan Landing Page untuk Kelompok Usaha Kecil. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 1(1), 7–13. https://doi.org/10.54832/judimas.v1i1.75

Sulaiman, H., Afrizal, T., & Paramitha, A. (2023). Kapas : Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat Pembuatan Web Landing Page Untuk Meningkatkan Konversi Penjualan Online. KAPAS, 2(2), 223–231.

Sutomo, Y., Lestari, P. U., Yulianto, H., Suyatno, & Suhardi. (2022). Landing Page untuk Mendukung Penjualan bagi UMKM Batik Desa Margosari. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–4.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v4i1.28555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: