PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN MANAJEMEN PEMASARAN PADA KELOMPOK USAHA KUE TRADISIONAL “KUE LARUT” DI DESA SINANGGUL MLONGGO JEPARA

Ali Ali, Ahmad Faidlon, Isyfa Fuhrotun Nadhifah, Ahmad Dika Ardiansyah

Abstract


UMKM "Kue Larut" menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan alat produksi, manajemen keuangan yang belum rapi, serta pemasaran yang masih tradisional. Meskipun kue ini memiliki prospek pasar yang baik, keterbatasan kapasitas produksi menyebabkan UMKM sering kali tidak dapat memenuhi permintaan pasar. Oleh karena itu, diperlukan intervensi teknologi tepat guna, pelatihan manajemen SDM, pembukuan, serta pemasaran digital untuk meningkatkan kapasitas usaha dan memperluas jangkauan pasar. Tujuan utama program ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi, memperkenalkan inovasi produk, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM), serta memperluas akses pasar melalui penerapan teknologi dan digitalisasi pemasaran. Secara spesifik, target peningkatan penjualan hingga 30-50% diharapkan dicapai dengan penerapan teknologi dan strategi pemasaran baru. Metode pelaksanaan pengabdian yaitu: Sosialisasi Program, Pelatihan Manajemen SDM, Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana, Pelatihan Digital Marketing, Penerapan Teknologi. Luaran yang dihasilkan meliputi peningkatan aset berupa mesin pengaduk adonan dan oven otomatis, peningkatan kapasitas produksi hingga 30-50%, peningkatan efisiensi produksi sebesar 30%, serta pengurangan biaya produksi sebesar 20%. Selain itu, dari segi pemasaran, diharapkan terjadi peningkatan penjualan sebesar 30-50% dengan penerapan digital marketing dan penggunaan media sosial. Luaran pada pengabdian PKM ini meliputi peningkatan produksi kue larut hingga 40-60% setelah pendampingan teknologi, peningkatan omset penjualan hingga 50%, serta bertambahnya aset usaha (mesin pengaduk dan oven). Dari sisi pemasaran, penerapan media sosial berhasil meningkatkan jumlah pelanggan, dan UMKM mulai mampu menjual produknya melalui marketplace


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, A., Hujaemah, E., Midiawati, M., Salamah, S., Saroh, S., & Wartini, T. (2023). Pendampingan Pedagang Makanan Tradisional Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Dengan Kreativitas Olahan Makanan Di Kampung Ciseureh Desa Mekarjaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1111–1117. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.312

Artanti, G. D., & Mariani, M. (2022). Pelatihan Inovasi Pembuatan Kue Tradisional Berbahan Dasar Singkong Bagi Ibu Rumah Tangga Sebagai Upaya Meningkatkan Penghasilan Keluarga. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 826–838. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.16747

Ashari, M. H., Realita, T. N., Dwiastanti, A., Lestari, P., Anggoro, Y., & Mustapa, G. (2022). Pendampingan Usaha Mikro Pengolahan Kue untuk Peningkatan Taraf Hidup Keluarga. Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(2), 6–14. https://doi.org/10.58906/abadi.v2i2.69

Mastuti, D. N., T.D.K.W, Y., Rahayu, B. S., & Santosa, J. (2023). Implementasi Pemasaran Digital Dan Aplikasi Akuntansi Di Pusat Informasi Konseling Remaja Banjarsari. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.32665/mafaza.v3i1.1593

Rahmalianti, R., Nur Alia, M., & Riyadi, D. (2016). PELESTARIAN MAKANAN TRADISIONAL KEJOS SEBAGAI SUMBER KARBOHIDRAT DI DESA TARIKOLOT KECAMATAN JATINUNGGAL KABUPATEN SUMEDANG PROVINSI JAWA BARAT. The Journal Gastronomy Tourism, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.17509/gastur.v3i2.3585

Rahmiyati, N. (2016). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna di Kota Mojokerto. Jmm17, 2(02). https://doi.org/10.30996/jmm17.v2i02.506

Saragih, A. E., Ratnawati, & Filbert Ivander. (2024). PENINGKATAN KAPASITAS UMKM MELALUI PENDAMPINGAN KEUANGAN DAN PENGELOLAAN USAHA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(2), 194–202. https://doi.org/10.36985/8jy79996

Sulistyani, T., Rachmawati, E., Mufidah, L., Kotagede, R. K., & Goreng, L. (2022). Strategi Pelestarian Makanan Tradisional. Strategi Pelestarian Makanan Tradisional Melalui Pelatihan Bagi Masyarakat Kemantren Kota Gede Yogyakarta, 3(02), 96–103.

Tambunan, T. T. H. (2011). Development of micro, small and medium enterprises and their constraints: A story from Indonesia. Gadjah Mada International Journal of Business, 13(1), 21–43. https://doi.org/10.22146/gamaijb.5492

Prasojo, E. (2019). Konsep dan Praktik Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Rahmawati, T., Irawan, H., & Setiawan, D. (2022). Dampak multiplier dari pengembangan UMKM terhadap ekonomi lokal. Jurnal Ekonomi Lokal, 78-89.

Suryana, A., Rahmat, B., & Lestari, C. (2021). Pelatihan teknik produksi dapat meningkatkan efisiensi UMKM makanan tradisional. Jurnal Pengembangan UMKM, 45-56.

Widayani, A., & Putri, S. (2020). Efektivitas pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan UMKM. Jurnal Pemasaran Digital, 112-125




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v5i1.33479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: