PELATIHAN PERANGKAT LUNAK DESAIN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI DI SDN KEDOYA UTARA 03 JAKARTA
Abstract
Menggunakan perangkat lunak desain grafis menjadi salah satu keterampilan penting yang diperlukan dalam dunia pendidikan modern. Hal ini karena desain grafis tidak hanya mendukung aspek visual dari media pembelajaran, tetapi juga menjadi bagian integral dari strategi penyampaian pesan informasi yang efektif. SDN Kedoya Utara 03 Jakarta sebagai pusat pendidikan dan inovasi dituntut untuk melahirkan tenaga pendidik yang tidak hanya kompeten dalam bidang ilmu masing-masing, tetapi juga adaptif terhadap perkembangan teknologi, termasuk teknologi desain grafis. Namun, berdasarkan hasil observasi awal, masih banyak guru yang menghadapi kendala dalam pemanfaatan perangkat lunak desain untuk menyampaikan informasi. Keterbatasan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti minimnya pelatihan khusus mengenai penggunaan perangkat lunak desain, kurangnya waktu untuk belajar secara mandiri, serta rendahnya kesadaran akan pentingnya visualisasi informasi dalam meningkatkan efektivitas penyampaian informasi. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan yang dapat membekali guru dengan keterampilan desain digital guna mendukung inovasi penyampaian informasi yang lebih kreatif dan interaktif. Program pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan konsep, manfaat, dan cara menggunakan perangkat lunak desain dalam dunia pendidikan kepada para guru di SDN Kedoya Utara 03 Jakarta. Melalui sosialisasi dan pelatihan praktik dasar desain grafis, guru diberikan pemahaman mengenai antarmuka perangkat lunak, penggunaan alat-alat dasar, serta teknik-teknik desain sederhana yang dapat langsung diaplikasikan dalam mendukung penyampaian informasi. Selain itu, program ini melatih guru dalam mengoperasikan berbagai perangkat lunak desain guna mendukung penyampaian informasi yang lebih visual, menarik, dan interaktif. Kegiatan ini juga mendorong para guru untuk beralih dari metode penyampaian informasi yang masih konvensional ke metode berbasis teknologi yang lebih efektif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam penyampaian informasi. Isi program ini adalah pemberdayaan guru melalui pengembangan keterampilan dalam penggunaan perangkat lunak desain untuk mendukung penyampaian informasi yang lebih visual dan interaktif. Hasil dari pelaksanaan program pengabdian ini antara lain pertama, meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru di SDN Kedoya Utara 03 dalam menggunakan perangkat lunak desain grafis untuk mendukung efektivitas penyampaian informasi. Kedua, menumbuhkan motivasi dan kesadaran guru akan pentingnya visualisasi informasi dalam meningkatkan pemahaman siswa. Ketiga, mendorong guru untuk mengintegrasikan teknologi desain grafis dalam metode penyampaian informasi yang lebih kreatif dan inovatif, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kreativitas penyampaian informasi di sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Artayasa, I. P., Yamin, M., Nathania, E. A., Alfiana, F., & Anwari, K. (2022). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Tatap Muka dengan Sistem Bergilir Dibandingkan Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 424–430. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.527
Febriani Putri, E. (2021). Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 198–205. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Jumaryadi, Y., Ani, N., Priambodo, R., Ratnasari, A., Rahayu, S., Maesaroh, S., & Nugroho, A. (2024). Sosialisasi dan pemanfaatan aplikasi kesehatan kepada masyarakat. PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 4(2), 101–104.
Navastara, D. A., Suciati, N., Fatichah, C., Tjandrasa, H., Arifin, A. Z., Cahyaningtyas, Z. A., Niza, Y., Sierra, E., Sugianto, D., Hadinata, K. C., Usman, S. Bin, Sunandar, M. F., & Eka Sari, F. I. (2022). Pemanfaatan E-commerce dan Media Sosial Guna Meningkatkan Ekonomi dan Proses Bisnis UMKM Koppontren NURILA Bangkalan. Sewagati, 6(4), 1–12. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i4.135
Priambodo, B., Harwikarya, H., & Jumaryadi, Y. (2024). Pemanfaatan Visualisasi Data Untuk UMKM TKI di PERMAI Malaysia. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 5(2), 71–76. https://doi.org/10.47065/jrespro.v5i2.5453
Puniawan, I. M. E., Joshua, J. W. N., & Kurniawati, N. S. E. (2019). Workshop Dan Pelatihan Bidang Pemasaran Digital Bagi Siswa Smk Dan Sma Harapan Denpasar. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 1(November), 217–220. https://doi.org/10.36002/sptk.v0i0.624
Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417
Velinda, F., Valentinna, C. R., Ningrum, S. K., Hasanah, S. D., & Permatasari, T. (2024). Pemanfaatan Media Interaktif untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2420–2430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.7872
Wahjoerini, W., Pamurti, A. A., & Prabowo, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Visualisasi Data Spasial Bagi Siswa Sma Walisongo Semarang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1126. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.9331
Wijaya, H. D., Hidayat, R. R., & Aliyansyah, T. A. (2020). Kegiatan Pembelajaran Jaringan Komputer Dengan Static Routing Protocol Menggunakan Gns3 Untuk Siswa SMK YMIK Pada Wilayah Joglo. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(2), 10. https://doi.org/10.22441/jam.2020.v5.i2.003
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v5i2.34169
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by:







