Peningkatan Efektivitas Penyusunan Laporan Keuangan BUMDesa

Mukti Prasaja, Andy Chandra Permana, Yopi Yudha Utama

Abstract


Upaya peningkatan pembangunan desa terus dilakukan oleh Pemerintah. Hal itu dibuktikan dengan dilaksanakannya salah satu program berupa pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes didirikan berdasarkan prinsip-prinsip yang menjadi ciri dari unit usaha tersebut. Prinsip-prinsip tersebut diantaranya adalah kooperatif, keseimbangan, tranparansi dan akuntanbel. Prinsip-prinsip tersebut harus terimplementasi dalam pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh BUMDes. Salah satunya yang terjaddi BUMDes di Desa Bogo. Desa ini memiliki keunikan sebagai desa wisata yakni desa kelor. Di Desa tersebut berdiri BUMDes yakni Unit Dagang dan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang sudah membuat laporan keuangan. Melalui pendekatan kualitatif yang dipakai oleh peneliti dan dengan wawancara kepada beberapa informan dalam penelitian ini, diperoleh hasil jika dalam hal tranparansi, laporan keuangan yang sudah tersusun di tiap periodenya telah memenuhi prinsip transparansi. Hal ini dibuktikan dengan laporan keuangan yang sudah disusun tersebut telah diinformasikan kepada Kepala Desa dan perangkat desa setempat. Namun, disisi lain, laporan keuangan yang mereka susun itu ternyata belum sesuai dengan standar yang telah ditetepkan oleh Pemerintah. Oleh karena itu perlunya penyesuaian dari laporan keuangan BUMDes di Desa Bogo dengan standar yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dan dorongan berbagai kerjasama yang dilakukan pihak Desa Bogo dengan instansi-instansi lainnya yang bertujuan untuk kinerja BUMDes semakin baik untuk kedepannya

Keywords


BUMDes, Laporan Keuangan, Transparansi

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraenni, M. (2016). Peranan BUMDes Pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan. Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 1-11.

Basrowi, & Sukidin. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia.

Bastian. (2010). Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Chariri, A. (2009). Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif. Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (pp. 1-22). Semarang: Laboratorium Pengembangan Akuntansi.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif dan Campuran. Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Finlay, L. (2006). "Going Exploring": The Nature of Qualitative Research". Qualitative Research for Allied Health Professionals: Challenging Choices. New York: John Wiley & Sons Ltd.

Hidayat, A. T., Pujiati, L., Hidayati, N., Hendrawan, S. A., Suprapto, S., & Nurali. (2018). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Lestari desa Bandung Kecamatan Diwek Jombang. Comvice, 16-20.

Irawati, D., & Martanti, D. E. (2017). Tranparasi Pengelolaan Laporan Keuangan BUMDes Terhadap Pelaporan Aset Desa (Studi Fenomenologi Pada BUMDes Desa Karangbendo Kec Ponggok Kab Blitar). Proceding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis, 41-51.

Kamayanti, A. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan. Cetakan Pertama. Jakarta Selatan: Yayasan Rumah Peneleh.

Keuangan, W. P. (2020). Laporan Keuangan BUMDesa [Direkam oleh Izzudin]. Jakarta, Jakarta, Indonesia.

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Yogjakarta: Penerbit Andi.

Nurlan, D. (2008). Akuntansi keuangan Daerah. Jakarta: PT. Indeks.

Prasaja, M. (2019). Bauran Pemasaran Produksi Salak Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat di Bojonegoro (Studi Kasus Petani Salak Tanjungharjo). Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi, 46-56.

Sayuti, M. (2011). Pelembagaan BUMDes Sebagai Penggerak Potensi Ekonomi Desa. Jurnal Universitas Taduloko, 20-30.

Triyuwono, I. (2013). (Makrifat) Metode Penelitian Kualitatif (dan Kuantitatif) Untuk Pengembangan Disiplin Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi, 1-15.

Utama, Y. Y. (2019). Definsi Akuntansi Dalam Bingkai Maqoshid Syariah. ISTITHMAR: Journal of Islamic Economic Development, 3(2), 229-242.

Utama, Y. Y., Sukoharsono, E. G., & Baridwan, Z. (2018). The Urgency in Implementing the Accounting Sustainability of Spiritual Dimension in the Sustainability of Company. Journal of Accounting and Business Education, 3(1), 106-122.

Permendagri No. 137 Tahun 2017 Tentang Kode Dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan

UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah

UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa)

Peraturan Pemerintah (PP) No. 71 Tahun 2010 Tentang Laporan Keuangan pemerintah

Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Profita : Komunikasi Ilmiah Akuntansi dan Perpajakan

Portal ISSNPrint ISSN: 2086-7662
Online ISSN: 2622-1950

Creative Commons License
The Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi dan Perpajakan and its articles is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tim Editorial Office
Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi dan Perpajakan

Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta-11650
Telp.021-5840816 Ext. 5302, Fax. 021-5871312
Jakarta
Email. ([email protected]).
Website. (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/profita)