ANALISIS TINGKAT PENGENDALIAN RESIKO KERJA PADA PROYEK

Amar Mufhidin

Sari


Pada pekerjaan konstruksi pemilihan suatu metode sangat penting dalam pelaksanaan suatu proyek konstruksi karena dengan metode pelaksanaan yang tepat dapat memberikan hasil yang maksimal terutama jika ditinjau dari segi biaya maupun dari segi waktu. Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat dalam dunia konstruksi, memungkinkan pengelolaan proyek untuk memilih salah satu metode pelaksanaan konstruksi tertentu dari beberapa alternatif metode pelaksanaan konstruksi yang ada. Salah satu usaha yang dilakukan oleh pengelolaan proyek adalah dengan mengganti cara-cara konvensional menjadi yang lebih modern. Hal ini memunculkan inovasi pada sistem sambungan besi dengan menggunakan coupler dan lap splice sebagai alternatif dari sistem sambungan besi yang lebih modern.

Pada design awal di proyek Indonesia 1 untuk pekerjaan sambungan besi menggunakan lap splice, tetapi setelah melakukan pekerjaan pembesian raft pada zona B dan diperhitungkan dari segi biaya mengalami peningkatan yang lumayan besar. Setelah dilakukan koordinasi oleh pihak kontraktor, maka kontraktor mangajukan perubahan design kepada konsultan perencana agar untuk pekerjaan sambungan besi dari lap splice diganti menjadi coupler. Coupler dapat menghemat biaya dan mengurangi waste besi.  Maka dari itu dalam skripsi ini akan dibahas penyambungan pembesian menggunakan coupler untuk mengurangi waste dan agar tidak terjadi lagi pada zona raft yang lainnya.

Keyword: Lap Splice, Coupler, Pembesian Raft

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2002. SNI 03-1726 -2002 Tentang Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung. Badan Standardisasi Nasional. 69 hlm.

Anonim, 1989. SNI 1727:1989-F Tentang Tata Cara Perencanaan Pembebanan untuk Rumah dan Gedung. Badan Standardisasi Nasional. 184 hlm.

Anonim, 2011. baton hebel. bhih.blogspot.co.1d/2011/02/hebel

Homint,Hakim. 2017. Bondek Adalah Pengganti Material Bekisting Baja Struktural. https://hakimhomint.wordpress.com.

Huang, Cherry. 2016.Panel Lantai Hebel dan Cara Pemasangannya. http://kulitdjeruk.blogspot.com/2016/02/panel-lantai-aac-atau-hebel-dan-cara.html

Nobel,Afret. 2016.Cara pemasangan Bondek pada Struktur Beton dab Baja. http://blog.nobelconsultant.com/cara-pemasangan-bondek/

Setiawan, Agus, 2008. Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD (Berdasarkan SNI 03-1729-2002). 341 hlm.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.