DESAIN ALTERNATIF STRUKTUR ATAS MESS BERTINGKAT PT. NIKOMAS GEMILANG SERANG-BANTE

Nabila Nabila

Sari


Seiring perkembangan zaman dan pola hidup manusia yang mempengaruhi kebutuhan akan bangunan gedung yang banyak digunakan sebagai perumahan, pusat perkantoran, perhotelan, tempat hiburan, pusat pembelanjaan dan juga pusat kesehatan. Pada konstruksi bangunan gedung jenis struktur yang dapat di pergunakan dalam membuat suatu bangunan diantaranya adalah jenis struktur baja dan struktur beton bertulang. Kedua elemen tersebut memiliki perbedaan terhadap sifat dari material, metode pelaksanaan dan paling utama terhadap segi kekuatan dan biaya.
Adapun tujuan pada tugas akhir ini adalah merencanakan struktur beton bertulang menggunakan program ETBAS untuk mengetahui dimensi balok induk (B1) , balok anak (B2) dan kolom, serta menganalisa biaya pada elemen beton bertulang yang bertujuan sebagai pembanding terhadap segi biaya pada elemen struktur baja apakah alternatife tersebut akan menjadi lebih ekonomis atau sebaliknya.
Dari hasil perencanaan struktur beton bertulang yang di lakukan menggunakan program ETABS maka di dapatkan dimensi balok induk (B1) 250 x 500 mm, dimensi balok anak (B2) 150 x 300 mm dan dimensi kolom 500 x 500 mm. Berdasarkan hasil perbandingan perhitungan biaya didapat struktur baja memilikia biaya yang lebih mahal dari strukstur beton bertulang, perbandingan dalam persentase sebagai berikut : balok induk (B1) 127,94 %, balok anak (B2) 35,52 % dan kolom 255,28 %.

Kata kunci : Struktur Baja, Alternatif Desain, Struktur Beton Betulang, Balok, Kolom, Analisa ETABS, Mess Bertingkat PT. Nikomas Gemilang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Standar Nasional. Persyaratan Beton Struktural untuk untuk Bangunan Gedung (SNI 2847 – 2013). Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Badan Standar Nasional. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung (SNI 1726 – 2012). Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Agus Setiawan, Agustinus. 2014. Gaya Geser Dasar Seismik Berdasarkan SNI 03-1726-2002 dan SNI 03-1726-2012 Pada Struktur Gedung Grand Edge, Semarang. Tangerang : Universitas Pembangunan Jaya.

Purwono, Rahmat. 2005. Perencanaan Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa, Itspress, Surabaya.

Vis, W.C dan Kusuma. Gideon H. 1993. Dasar-Dasar Perencaan Beton Bertulang. Jakarta : Erlangga.

Miftakhur Riza, Muhammad. Aplikasi Perencanaan Struktur Gedung dengan Etabs Seri-1. Azza Reka Struktur.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.