SISTEM KONTROL LAMPU LALU LINTAS BERDASARKAN KEPADATAN JALAN MENGGUNAKAN KAMERA RASPBERRY PI3 BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER

Eko Ramadhan

Sari


“Sistem Kontrol Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Kepadatan Jalan Menggunakan Kamera Raspberry PI3 Berbasis Programmabel Logic Controller” dimaksudkan untuk mengetahui susunan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (Software) dari sistem yang akan dibuat, serta yang terpenting adalah mendapatkan suatu sistem perangkat lampu lalu lintas berdasarkan kepadatan jalan menggunakan raspberry yang dikendalikan oleh sebuah PLC (Programmabel Logic Controller).

Sehingga didapat SISTEM KONTROL LAMPU LALU LINTAS BERDASARKAN KEPADATAN JALAN MENGGUNAKAN KAMERA RASPBERRY PI3 BERBASIS PROGRAMMABEL LOGIC CONTROLLER yang terdiri dari Selctor switch, milih keadaan ON atau keadaan OFF yang berfungsi memberi sumber kerangkaian panel. Tombol Start, berfungsi untuk mengawali alat dalam beroperasi. Tombol Stop, berfungsi untuk mengahiri alat dalam beroperasi. Lampu listrik, sebagai lampu traffic light. Kamera raspberry PI3 (sensor), berfungsi untuk mendeteksi kepadatan kendaraan berdasarkan Jumlah kendaraan. Programmable Logic Controller (PLC), berfungsi pengendali sistem. 

Perancangan ini diprogram oleh sebuah komputer yang akan mengirim data-datanya kePLC MITSUBISHI MELSEC FX0-30MR dengan menggunakan kabel data dan PLC sebagai kendali sistem ini. Sistem disini adalah perempatan jalan yang diatur oleh sebuah lampu lalu lintas yang masing-masing jalurnya memiliki satu buah sensor kamera, dari tiang lampu lalu lintas yang menyatakan dua keadaan yaitu tidak padat (keadaan normal) dan padat. Untuk keadaan normal pada salah satu jalur maka nyala lampu hijau pada jalur tersebut 30 detik, untuk nyala lampu kuning keadaan normal 5 detik, dan keadaan yang menyatakan semua jalur normal pada satu putaran maka nyala lampu merah pada setiap jalur maka akan menyala selama 109,5 detik. Jika jalur tersebut menyatakan keadaan padat maka nyala lampu hijau pada jalur tersebut 60 detik, untuk nyala lampu kuning keadaan padat 5,5 detik, dan jika salah satu jalur ada sensor yang menyatakan keadaan padat maka nyala lampu merah akan menyala selama 140,5 detik.

Kata kunci: Kamera, Raspberry PI3, PLC


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriansyah. (2017). Cara Mengatur dan Menjalankan Camera V2 Pada Raspberry PI3. Diambil dari website: https://raspberryrian.blogspot .com/2017/01/cara-mengatur-menjalankan-camera-v2.html.

Andrian Rosebrock. (2017). Raspbian Stetch: install OpenCV3 + Python on your Raspberry PI. Diambil dari website: https://www.pyimagesearch.com /2017/09/04/raspbian-stretch-install-opencv-3-python-on-your-raspberry-pi/.

Andrian Rosebrock. (2017). Raspbian Stetch: install OpenCV3 + Python on your Raspberry PI. Diambil dari website: https://www.youtube.Com/watch ?v=j6RD3X94rEA&list=FLTwwgZqRZkDNLnvvss2s8fw&index=2& t=0s

Baiza Achmad. (2007). Pemrograman PLC Menggunakan Simulator. Yogyakarta: Andi Offset.

Guido van Rossum. (2012). Python Tutorial Release 3.2.3. Python Software Foundation.

Matt Richardson and Shawn Wallace. (2013). Getting Started with Raspberry Pi. United States of America.O’Reilly Media.

Node Elektronika. (2016). Mengenal Pi GPIO. Diambil dari website: http:// sorayakit.blogspot.com/2016/11/mengenal-pi-gpio.html.

Utakatikmikro’s. (2018). Memulai Raspberry PI Tata Cara Instalasi Raspberry PI 2 dan 3. Diambil dari website: https://utakatikmikro.com/2018/05/18/ memulai-raspberry-pi-tata-cara-instalasi-raspberry-pi-2-dan-3/.

Ridwan Fadjar Septian. (2013). Belajar Pemrograman Python Dasar. Bandung:POSS – UPI

Rusmadi Dedy. (1996). Seri Elektronika “Digital dan Rangkaian” edisi pertama. Bandung: Pionir Jaya.

Setiawan Iwan. (2006). Programmable Logic Controller (PLC) dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol. Yogyakarta: Andi Offset.

Yuhendri Dedek. 2018. Penggunaan PLC Sebagai Pengontrol Peralatan Building Automatis. Pengajar Akademik Teknik Indonesia Cut Meutia Medan.

__________. 1994. Programmable Logic Controller: Using Manual of Mitsubishi Melsec-A. Tokyo: Mitsubishi.

__________. 1994. Programmable Logic Controller: Programming Manual of Mitsubishi Melsec-A. Tokyo: Mitsubishi.

__________. (1996). RS Component Catalogue. Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.