ANALISIS KINERJA RUAS JALAN LINGKAR LUAR CENGKARENG BARAT
Sari
Abstrak -- Penelitian dilakukan pada ruas Jalan Lingkar Luar Cengkarng Barat, Jakarta Barat dengan kemacetan yang terbilang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ruas jalan Lingkar Luar Cengkareng Barat dan simpang tak bersinyal Taman Palem Lestari dengan berdasarkan kapasitas, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan jalan, selain itu untuk dapat mengevaluasi dan memberikan saran atau solusi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dengan analisis jalan perkotaan dan simpang tak bersinyal. Data penelitian di peroleh melalui survei langsung ke lapangan yang dilakukan sesuai jadwal yang mewakili waktu di lokasi yang sudah ditentukan. Hasil analisis pada kinerja ruas jalan dengan tingkat peyanan F dari acuan pada POS 1 dengan nilai DS 1,30 dan kecepatan aktual 16,36 km/jam, dan pada POS 2 nilai DS 1,25 dan kecepatan aktual 17,40 km/jam. Hasil pada simpang tak bersinyal dengan derajat kejenuhan 1,11 dengan tingkat pelayanan F. Solusi bertahap yang memenuhi sasaran didapat pada tahapan kedua yang mencakup peningkatan hambatan samping, pelarangan memasuki ruas jalan pada jam sibuk dan pengalihan arus minimal 30% dari arus aktual (pada saat survei) dengan tingkat pelayanan C dari acuan derajat kejenuhan senilai 0,782 pada POS 1, 0,714 pada POS 2, dan simpang tak bersinyal sebesar 0,724.
Kata kunci : Kinerja Ruas Jalan dan Simpang, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Basori, Sahniza Tamara dan Hadi Sasana. 2011. Analisis Dampak Ekonomi Dan Sosial Akibat Kemacetan Lalu Lintas Di Jalan Raya Bogor-Jakarta. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro: Semarang.
Bintarto, R. 1983. Interaksi Desa-Kota dan Permasalahannya. Ghalia Indonesia Yogyakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga. “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”. Departemen Pekerjaan Umum. 1997.
Hobbs, F.D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Penerbit Gadjah Mada University Press.
Kermite, Andrew Bryano, James A. Timboeleng dan Oscar H. Kaseke. 2015. Analisa Kerja Ruas Jalan S. Tubun. Jurnal Sipil Statik Vol.3 No.10 Oktober 2015 (709-717).
Koloway, Barry Setyanto. 2009. Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Jalan Prof.Dr.Satrio, DKI Jakarta. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. Vol. 20 No. 3 3, Desember 2009, halaman 215 – 230
Lalenoh, Rusdianto Horman, Theo K. Sendow dan Freddy Jansen. 2015. Analisa Kapasitas Ruas Jalan Sam Ratulangi Dengan Metode Mkji 1997 Dan Pkji 2014. Jurnal Sipil Statik Vol.3 No.11 November 2015 (737-746).
Oglesby, Clarkson H. and R. Gary Hicks. 1993. Teknik Jalan Raya.Diterjemahkan oleh Purwo Setianto. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Permana, Satria, Achmad Wicaksono dan Ludfi Djakfar. 2011. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan, Biaya Operasional Kendaraan Dan Biaya Kemacetan Jalan Gatot Subroto Kota Malang. Universitas Brawijaya: Malang.
Santoso, Idwan dkk. 1997. Manajemen Lalu-lintas Perkotaan. Badan Penerbit ITB, Bandung.
Santoso, Idwan dkk. 1997. Perencanaan Sistem Angkutan Umum. Badan Penerbit ITB, Bandung.
Sinulingga, Budi D. 1999. Pembangunan Kota Tinjauan Regional Dan Lokal. Jakarta, Pustaka Sinar Harapan.
Soesilowati, Etty. 2008. Dampak Pertumbuhan Ekonomi Kota Semarang Terhadap Kemacetan Lalu Lintas di Wilayah Pinggiran dan Kebijakan yang Ditempuhnya. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Jejak, Volume 1 Nomor 1 halaman 9-17
Sukirman, S. 1994. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya, Nova, Bandung.
Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Edisi ke-2. Bandung: Penerbit ITB.
Transportation Research Board. 1994. Highway Capacity Manual Special Report 209. Washington, D.C
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.