PERANCANGAN DAN UJI KELAYAKAN MESIN VACUM FORMING DENGAN PENDEKATAN DESAIN MANUFAKTUR DAN PERAKITAN

Yopi Lutfiansyah

Sari


Saat ini teknologi banyak mengambil peranan penting dalam proses produksi. Begitu juga dalam industri wadah plastik sering digunakan dalam proses  forming atau pembuatan bentuk dari lembaran palstik menjadi bentuk yang diinginkan. Teknologi forming ini sangat efsien dan efektif bagi perusahaan. Pada umumnya terdapat dua forming yang digunakan yaitu thermoforming dan vacuum forming dalam pembentukan material lembaran plastik. Thermoforming menggunakan prinsip meniupkan udara ke area cetak sedangkan vacuum forming prinsipnya membuang atau menghisap udara yang ada di area cetak ke luar. Mesin - mesin yang ada saat ini hanya dapat mencetak tidak dapat langsung memotong output ke luar sehingga proses semakin panjang dan memerlukan banyak waktu. Sehingga perlu dirancang sebuah mesin yang dapat menceak sekaligus memotong dan mengeluarkan output. Dalam perancangan kali ini dibuat menggunakan software Solidwork SPO 2019 dan Fusion 360. Dengan metode design for manufacturing and assembly. Dalam melakukan perancangan melibatkan pertimbangan dari sisi ekonomis investasi yaitu apakah investasi yang dilakukan sudah layak atau belum untuk dijalankan. Hal ini karena dalam perancangan kali ini nantinya hasil rancangan dapat digunakan untuk membuka usaha dalam industri plastik kemasan. Dari rancangan yang dibuat diketahui bahwa total investasi pembuatan mesin yaitu Rp. 20.492.000,- dengan nilai IRR diatas dari nilai bunga bank saat ini maka investasi tersebut layak untuk dijalankan

               

Kata Kunci: Thermoforming, Pembentukan Vakum, Desain Manufaktur dan   Perakitan, Tingkat Pengembalian Internal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahyari, A. (2002). Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi. Yogyakarta: BPFE.

Alexander, C. (1963). Notes on the Synthesis of Form. Cambridge: MA: Harvard University Press.

Archer, L. B. (1965). Systematic Method for Designer. London: Council of industrial Design.

Arikunto, S. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ashtiany, M. A., & Alipour, A. (2018). Intergration Axiomatic Design with Quality Function Deployment and Sustainable Design for The Satisfaction of an Airplane Tail Stakeholders. Science Direct.

Desrianty, A., Liansari, G. P., & Puspitaningsih, R. (2018). Usulan Perancangan Produk Dispenser Makanan dan Minuman Hewan Peliharaan Kucing Menggunakan Quality Function Deployment. Jurnal PASTI.

Dewantara, A. B., & Kholil, M. (2017). Sistem Otomasi Sebagai Upaya Perbaiki Kualitas dengan Metode SPC pada Line Finishing ( Studi Kasus: PT. X ). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 3.

Dick, M. V. (2004). Homemade Canopies. Research Library.

Irwanto, D. (2018). Rancang Bangun Mesin Penumbuk Sagu Ubi Kapasitas 2 Kg / 15 Menit pada Proses Pembuatan Adonan Beras Aruk Menggunakan Metode Verien Deutche Ingenieur 2222. Jurnal PASTI.

Jarvis, R. (1984). The Illogical of American Nuclear Strategy. Ithaca: Cornell University Press.

Kelland, S. (1999). Easy Vacuum Forming. Research Library.

Mulyana, D. (2003). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nagesh, S., & Law, M. (2018). Machine Tool Design with Preferentially Asymmetrical Structures to Improve Dynamics and Productivity. Science Direct.

Partadirja, A. (1985). Pengantar Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Popof, A., & Dominique, M. (2018). Sustainable Life Cycle Design Using Constraint Satisfaction Problems and Quality Function Deployment. Science Direct.

Roger LeRoy Miller, Meiners Roger E. (2000). Teori Mikro Ekonomi Intermediate. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: CV. Alfabeta.

Syukron, A., & Kholil, M. (2013). Six Sigma: Qulaity for Business Improvment. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wignjosoebroto, S. (2006). Pengantar Teknik dan Manajemen Industri. Surabaya: Guna Widya.

Yosan, R. B., Kholil, M., & Hanum, B. (2018). Implementation of Inventory Management System (IMS) Case Study on XYZ Online Store. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 012022.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.