Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbour dalam Prototype Aplikasi E-Commerce Furniture

Fajar Arif Wicaksono, Nur Ani

Abstract


Era globalisasi telah mempengaruhi seluruh sektor bisnis di Indonesia, begitu juga dengan sektor bisnis perlengkapan furniture. Munculnya beberapa unicorn yang menyediakan platform E-Commerce telah berpengaruh besar dalam proses bisnis yang terjadi pada sektor tersebut. Kemudahan proses dan persaingan harga yang ketat adalah modal utama untuk menarik minat calon pembeli yang didominasi oleh kaum milenial. Saat ini belum terdapat platform E-Commerce yang secara khusus memasarkan produk furniture dengan informasi detail yang dibutuhkan oleh calon pembeli. Hal ini membuat calon pembeli perlu mencari informasi dari platform lain dan melakukan shorting di beberapa E-Commerce untuk menemukan barang dengan harga termurah.  Melihat masalah tersebut, saya merancang sebuah E-Commerce Furniture yang memiliki fitur kalkulasi estimasi harga furniture berdasarkan spesifikasi barang menggunakan metode K-Nearest Neighbour. Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur lain seperti forum diskusi dan article publisher yang dapat menambah wawasan penggunanya, Sehingga calon pembeli dapat menerima semua informasi yang dibutuhkan sebelum membeli suatu produk.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Kamaruddin. (2013). Akuntansi Manajemen: Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Indonesia. Rajawali Pers.

Swastha, Baru. (2010). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: Indonesia. BPFE Yogyakarta.

Han, J., & Kamber, M. (2006). Data Mining: Concepts and Techniques. Second Edition. San Fransisco: Morgan Kauffman.

Ginting, Selvia Lorena Br., Zarman, Wendi., Darmawan, Astrid. 2014. Teknik Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighborhood. Jurnal Komputer Unikom Komputika,(9),29-34.

Yustanti, Wiyli. (2012). Algoritma K-Nearest Neighbour untuk Memprediksi Harga Jual Tanah. Jurnal Matematika, Statistika, & Komputasi,9(1), 57-68.

Angreni, Ida Ayu A., Adisasmita, Sakti Adji., Ramli, M Isran., Hamid, Sumarni. 2018. Pengaruh Nilai K Pada Metode K-Nearest Neighbor (Knn) Terhadap Tingkat Akurasi Identifikasi Kerusakan Jalan. Jurnal Rekayasa Sipil,(7),2, 63-70.

Bode, Andi. (2017). K-Nearest Neighbor Dengan Feature Selection Menggunakan Backward Elimination Untuk Prediksi Harga Komoditi Kopi Arabika. ILKOM Jurnal Ilmiah,9(2).188-195.

Warman, Indra., Ramdaniansyah, Rizki. (2018). Analisis Perbandingan Kinerja Query Database Management System (Dbms) Antara Mysql 5.7.16 Dan Mariadb 10.1. Jurnal TEKNOIF,6(1). 32-41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.