SISTEM PEDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN, MENGGUNAKKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus : Pizza Hut Puri Indah Mall)

andhika prasetya, ratna mutu manikam

Abstract


Pengambilan keputusan selalu berkaitan dengan ketidak pastian dari hasil keputusan yang diambil. Sistem Penunjang Keputusan dikembangkan untuk mengurangi faktor ketidakpastian tersebut dengan mengolah sebuah informasi menjadi sebuah alternatif pemecahan suatu masalah. Metode yang dapat diterapkan dalam sistem penunjang keputusan yaitu Analitycal Hierarchy Process (AHP) Untuk mengetahui proses pengolahan informasi sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode AHP penulis menggunakan studi kasus Pizza Hut Puri Indah Mall merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang makanan atau restoran, dalam proses penilaian kinerja karyawan selama ini dibutuhkan waktu yang lama dalam melakukan penilaian kinerja terhadap seluruh karyawan dikarenakan harus membaca dan mengisi dokumen penilaian secara tertulis. Untuk memecahkan permasalahan tersebut dibutuhkan suatu sistem penunjang keputusan penilaian kinerja karyawan yang dapat menilai kinerja karyawan secara lebih cepat dan mengurangi subyektifitas dalam proses penilaian. AHP mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah yang multi obyektif dan multi-kriteria yang berdasarkan pada perbandingan preferensi dari setiap elemen dalam hirarki. Jadi model ini merupakan suatu model pengambilan keputusan yang komprehensif.


Full Text:

PDF

References


Mochamad Ainun Najib, Moch. Saiful Umam, “PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE AHP UNTUK MENENTUKAN HASIL PRAKERIN SISWA SMK BERBASIS WEB,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2014 (SENTIKA 2014) ISSN: 2089-9813 Yogyakarta, 15 Maret 2014.

E. Turban, J. E. Aronson, And T.-P. Liang, “Decision Support Systems And Business Intelligence,” Decis. Support Bus. Intell. Syst. 7/E, Pp. 1–35, 2007.

Artika, R. (2013). “Penerapan Analitycal Hierarchy Proccces (AHP) Dalam Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Pada SD Negeri 095224.” Pelita Informatika Budi Darma. Vol. IV. No. (3). 1 - 6.

Artika, R. (2013). “Penerapan Analitycal Hierarchy Proccces (AHP) Dalam Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Pada SD Negeri 095224.” Pelita Informatika Budi Darma. Vol. IV. No. (3). 1 - 6.

Rusydi Umar, Abdul Fadlil, Yuminah, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Ahp Untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan”, Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika. Vol.4. 27, 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.