Implementasi Aplikasi Web Pengelolaan Infomasi Kegiatan Kampus Dengan Metode Agile

dewi sugiarti, nur ani

Abstract


Universitas Mercu Buana merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki tujuan menghasilkan tenaga profesional yang memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat. Maka dari itu salah satu prosedur untuk mengambil tugas akhir adalah mahasiswa harus mengumpulkan 10 sertifikat profesi maupun non profesi yang sesuai dengan keahlian pada bidang prodinya untuk kelengkapan berkas pendamping ijazah, yang diharapkan mahasiswa dapat memperoleh ilmu yang kemungkinan besar tidak diajarkan didalam perkuliahan sehingga dapat memperluas wawasan mahasiswa. Permasalahan yang ada pada banyak mahasiswa yaitu kurangnya informasi mengenai kegiatan yang akan diselenggarakan, yang menyebabkan kendala pada saat mahasiswa ingin melakukan pendaftaran tugas akhir. Dengan pemanfaatan teknologi sistem informasi kegiatan ini dapat dijadikan sebagai solusi permasalahan yang ada, bertujuan untuk mengelola informasi kegiatan kampus yang dapat mempermudah mahasiswa mendapat informasi tentang acara yang akan diselenggarakan. Untuk mengatasi masalah yang ada, penulis membuat suatu sistem untuk mengelola data informasi kegiatan kampus berbasis web dengan framework laravel, metode pengembangan agile, dan pengujian sistem ini menggunakan metode black box. Sistem informasi ini dapat mempermudah penyelenggara kegiatan dalam pengambilan data, mempermudah peserta dalam mencari, mendaftar dan mendapatkan sertifikat kegiatan dengan mudah.
Kata Kunci : aplikasi web, framework laravel, agile, black box


Full Text:

PDF

References


A. N. Hakim and A. Nursikuwagus, “E - Event Seminar dan Workshop Berbasis Web,” E-LIBRARY UNIKOM, 2018.

F. Sahrul, M. A. Safi’ie, and O. Decroly, “Implementasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel,” J. Transform., vol. 12, no. 1, pp. 1–4, 2017.

D. S. Budi, T. A. Y. Siswa, and H. Abijono, “Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak,” Teknika, vol. 5, no. 1, pp. 24–31, 2017.

K. Anwar, L. D. Kurniawan, M. I. Rahman, and N. Ani, “Aplikasi Marketplace Penyewaan Lapangan Olahraga Dari Berbagai Cabang Dengan Metode Agile Development,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 2, p. 264, 2020.

Y. Asbar and M. A. Saptari, “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. Visioner Strateg., vol. 6, no. 2, pp. 39–47, 2017.

F. Suprapto, Rekayasa Perangkat Lunak. Lentera Ilmu Cendekia, 2018.

Aminudin, Cara Efektif Belajar Framework LARAVEL. Lokomedia, 2015.

B. Jatmika, RPL 1. Sukabumi: Yudhistira, 2010.

A. Kurniawan, A. Maulana, V. R. Sukma, W. Keumala, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode Equivalents Partitions (Studi Kasus: PT Arap Store),” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 1, p. 50, 2020.

C. E. Prastio and N. Ani, “Aplikasi Self Service Menu Menggunakan Metode Scrum Berbasis Android ( Case Study : Warkobar Café Cikarang ),” J. PETIR, vol. 11, no. 2, pp. 203–220, 2018.

M. I. Susanto, E. Darwiyanto, and G. A. A. Wisudawan, “Pengukuran Software Metric Terhadap Implementasi Framework Laravel Pada Pembangunan Aplikasi Berbasis Web,” J. Log., vol. 2, no. 3, pp. 7731–7738, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.