Metode Ant Colony Pada Pencarian Jalur Tercepat Ketempat Wisata Terdekat

Dian Gustina, Arman Syah Putra

Abstract


Pada penelitian ini membahas tentang penggunaan algoritma ant Colony pada sebuah sistem yang menunjukkan pencarian jalur tercepat, untuk menuju tempat pariwisata terdekat dengan menggunakan ant koloni maka jalur tercepat bisa ditentukan melalui jarak tempuh atau kondisi Keadaan jalan, dengan menggunakan ant koloni maka akan bisa ditentukan jalur tercepat dengan berdasarkan seperti jalan semut. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah menggunakan studi kepustakaan, dengan menggunakan dasar penelitian sebelumnya, dengan menggunakan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya maka penelitian bisa menjadi terbaru dan penelitian bisa menentukan masalah terbaru yang bisa diangkat pada penelitian berikutnya. Banyak jalur wisata di Indonesia masih belum menerapkan sistem pencarian dengan jalur tercepat, masih menggunakan teknologi manual seperti peta kertas, oleh karena itu dengan dibuatnya sistem ini maka akan bisa membantu para wisatawan mencari tempat wisata dengan jalur tercepat. Pada penelitian ini akan menghasilkan usulan sistem yang akan menggunakan koloni, pada sebuah sistem pencarian jalur tercepat, oleh karena itu itu pada penggunaan koloni bisa diterapkan di banyak sistem, sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah membahas sistem jalur tercepat pada tempat pariwisata di setiap daerah masing-masing, dengan penerapan n koloni maka wisatawan bisa menemukan tempat wisata dengan cepat dan efisiensi waktu.
Kata Kunci : Ant Koloni, Tempat Wisata, Jalur Tercepat, Sistem.


Full Text:

PDF

References


T. C Motoh, F. Jurnadi dan A. Fatmawati, “DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP SISWA KELAS XI

IIS 1 SMA NEGERI 3 TOLITOLI,” NUSANTARA: JURNAL ILMU PENDIDIKAN VOL. 1, NO. 1, JULI

, pp. 1-5, 2020.

Armaita, H. Dedi , B. Eri , D. Indang dan U. Iswandi, “Policy Model of Community Adaptation using

AHP in the Malaria Endemic Region of Lahat Regency -Indonesia,” International Journal of Management

and Humanities (IJMH), pp. 44-48, 2020.

P. K. Dhamarsa, Safrizal, . S. P. Arman dan Suyanto, “Perancangan Aplikasi ITBU Career Center Berbasis

Website Menggunakan PHP dan MYSQL,” TEKINFO UPI YAI, pp. 1-105, 2019.

H. W. Fauzi, S. dan S. Anwar, “ANALISIS PENGEMBANGAN JALAN TIDAK SEBIDANG

(UNDERPASS) DI JALAN JENDERAL SUDIRMAN – JALAN SULTAN AGUNG KABUPATEN

BREBES,” Jurnal Konstruksi, Vol. VI , No. 3, Januari 2017, pp. 255-268, 2017.

E. K. Laksanawati dan S. P. Arman, “ANALISA STUDI CONFORMITY OF PRODUCTION (COP)

UNTUK DITERAPKAN DI BALAI PENGUJIAN LAIK JALAN DAN SERTIFIKASI KENDARAAN

BERMOTOR (BPLJSKB) BEKASI,” Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST),

pp. 207-214, 2014.

F. M. Salman dan S. S. Abu-Naser, “Expert System for COVID-19 Diagnosis,” International Journal of

Academic Information Systems Research (IJAISR), pp. 1-13, 2020.

N. A. Prabowo, P. Hendradi dan B. Pujiarto, “Kerangka Model Aplikasi E-Dakwah Pengembangan

Kaderisasi Pada Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Magelang,” Indonesian Journal on Networking

and Security - Volume 8 No 3 – 2019, pp. 1-8, 2019.

A. S. Putra, “Penerapan Konsep Kota Pintar dengan Cara Penerapan ERP (Electronic Road Price) di Jalan

Ibu Kota DKI Jakarta. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(1), 13-18.,” Jurnal Informatika

Universitas Pamulang, 5(1), 13-18., pp. 13-18, 2020.

A. S. Putra, “ “Smart City : konsep Kota pintar di DKI Jakarta”,” Jurnal TEKINFO, Vol 20, No 2, Hal 1-

, ISSN 1411-3635, 2019.

A. S. Putra, H. L. H. S. Warnars, B. S. Abbas, A. Trisetyarso, W. Suparta dan C.-. Ho Kang,

““Gamification in the e-Learning Process for children with Attention Deficit Hyperactivity Disorder

(ADHD)”,” 1st 2018 Indonesian Association for Pattern Recognit INAPR, pp. 182-185, 2019.

A. S. Putra dan . H. Kusuma, “Pengembangan Sistem Career Center untuk Departemen Konseling dan

Pengembangan Karir di Institut Teknologi Budi Utomo,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, pp. 133-143,

A. S. Putra, L. H. S. W. Harco , S. A. Bahtiar , T. Agung , . S. Wayan dan H. K. Chu-, “Gamification in

the e-Learning Process for children with Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD),” Indonesian

Association for Pattern Recognition International Conference (INAPR) IEEE, pp. 182-185, 2018.

A. S. Putra, ““Penggabungan Wilayah Kota Bekasi Dan Kota Tangerang Ke Wilayang Ibu Kota DKI

Jakarta Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Pasal 32 Tahun 2019 Dapat Membantu Mengwujudkan

DKI Jakarta Menjadi Kota Pintar”,” Jurnal IPSIKOM VOL 7 No. 2, 2019.

P. Roza, “DIGITAL CITIZENSHIP: MENYIAPKAN GENERASI MILENIAL MENJADI WARGA

NEGARA DEMOKRATIS DI ABAD DIGITAL,” Journal Sosioteknologi Volume 19, No 2, Agustus

, pp. 190-202, 2020.

D. N. M. A. A. P. J. I. D. H. S. Y. C. Arman Syah Putra, ““Examine Relationship of Soft Skills, Hard

Skills, Innovation and Performance: the Mediation Effect of Organizational Le,” IJSMS, pp. 27-43, 2020.

T. R. Arief dan W. A. Rosyadi, “Reservasi Area Parkir Berbasis Internet Of Things,” JE-Unisla|Vol 5 No

September 2020 | 370, pp. 370-375, 2020.

A. Burghardt, D. Szybicki, P. Gierlak, K. Kurc, P. Pietru´s dan R. Cygan, “Programming of Industrial

Robots Using Virtual,” www.mdpi.com/journal/applsci, pp. 1-12, 2020.

A. S. Putra dan . R. R. Fatrilia, “Paradigma Belajar Mengaji Secara Online Pada Masa Pandemic

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19),” MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, pp.

-61, 2020.

A. S. Putra, L. H. S. W. Harco , L. G. Ford , . S. Benfano dan A. Edi , “A Proposed surveillance model in

an Intelligent Transportation System (ITS),” Indonesian Association for Pattern Recognition International

Conference (INAPR) IEEE, pp. 156-160, 2018.

A. M. Khasawneh, . O. Kaiwartya , . A. Khalifeh, . L. M. Abualigah dan . J. Lloret , “Green Computing in

Underwater Wireless Sensor Networks Pressure Centric Energy Modeling,” IEEE Systems Journal, pp. 1 -

, 2020.

A. S. Putra dan L. H. S. W. Harco , “Intelligent Traffic Monitoring System (ITMS) for Smart City Based

on IoT Monitoring,” Indonesian Association for Pattern Recognition International Conference (INAPR)

IEEE, pp. 161-165, 2018.

A. S. Putra, “Teknologi Informasi (IT) Sebagai Alat Syiar Budaya Islam Di Bumi Nusantara Indonesia,”

Seminar Nasional Universitas Indraprasta ( SINASIS ), pp. 200-215, 2020.

I. M. Sari dan E. D. Prajayanti, “PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SMP TENTANG

DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE BAGI KESEHATAN,” Program Studi Keperawatan, STIKES

‘Aisyiyah Surakarta, pp. 1-9, 2017.

M. Ulfa, ““Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja Di Mabes Game Center Jalan

Hr.Subrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru”,” Jom. Fisip Vol. 4 No. 1, pp. 1-13, 2017.

A. Wirara, B. Hardiawan dan M. Salman, “Identifikasi BuktiDigital pada Akuisisi Perangkat Mobile dari

Aplikasi Pesan Instan “WhatsApp”,” eknoin Vol. 26, No. 1, Maret2020: , pp. 66-74, 2020.

N. Zhang, X. Zhao, T. Liu, M. Lei, C. Wang dan Y. Wang, “Layout Planning of Highway Transportation,”

Sustainability 2020, 12, 290, pp. 1-25, 2020.

A. S. Putra, “ “Smart City : Ganjil Genap Solusi Atau Masalah Di DKI Jakarta”,” Jurnal IKRA-ITH

Informatika Vol 3 No 3, ISSN 25804316 , , 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.