Pembangunan Aplikasi E-Book Anak Usia Dini Dengan Metode Mobile-D

Widya Wicaksana, Widya Wicaksana, Puji Rahayu

Abstract


Pendidikan literasi di Indonesia sangat rendah, yaitu menempati rangking ke 62 dari 70 negara di dunia. Berdasarkan survei tersebut salah satu cara untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia adalah dengan mengajarkan pendidikan literasi sejak dini dalam rentang usia 3-6 tahun dimana anak mulai mengalami peningkatan kemampuan kognitif, psikososial dan fisik motorik. Oleh karena itu, maka kami akan mengembangkan sebuah e-book sebagai media pembelajaran yang dapat menarik atensi anak usia dini. Metode yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah metode Mobile-D. Hasil pengujian yang dilakukan pada aplikasi e-book anak usia dini ini menyatakan bahwa semua form inputan dan tombol-tombol yang ada di dalam sistem dapat berjalan dengan baik dan integritas data keluaran terhadap input yang dimasukkan atau aksi yang dilakukan sudah sesuai dengan ekspektasi pengguna. Dari hasil analisis, perancangan, implementasi dan perbandingan metode yang telah dilakukan dalam pembuatan aplikasi ini menunjukkan bahwa model pengembangan Mobile-D cocok untuk pengembangan mobile yang dapat berjalan pada lingkungan sistem yang menerima jika ada perubahan atau tambahan, jumlah tim yang sedikit, berada pada level aplikasi, sistem yang dibangun kecil dan waktu pengembangan yang relatif pendek.

Full Text:

PDF

References


M. Uyu, “Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini,” As-Sibyan J. Pendidik. Anak Usia Dini, 2018.

V. D. A. Zati, “Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini,” Bunga Rampai Usia Emas, 2018.

K. Novitasari, “Penggunaan Teknologi Mult imedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini,” J. Golden Age, 2019.

J. O. L. Tjoe, “Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan mult imedia,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, 2013.

M. Wicaksono, A. P. Kharisma, and L. Fanani, “Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Berbasis Android Untuk Survei Kepuasan Masyarakat Dengan Metode Mobile-D ( Studi Kasus : RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., 2019.

A. Y. Mahendra, A. H. Brata, K. C. Brata, “Pengembangan Aplikasi Katalog dan Pemesanan Produk Kebutuhan Dapur Bebasis Android menggunakan Metode Mobile-D”. J. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2018.

E. Siregar and D. Anyangsen, “Aplikasi Game Edukasi Belajar Menghafal Huruf dan Angka Berbasis Android dengan Metode Prototype,” J. Inov. Inform., 2019.

Muswita, A. B. Utomo, U. Yeliant i, and E. J. Wicaksana, “Pengembangan E-Book Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan,” Pendidik. Biol., 2018.

P. Abrahamsson et al., “Mobile-D: An agile approach for mobile applicat ion development,” in Proceedings of the Conference on Object-Oriented Programming Systems, Languages, and Applications, OOPSLA, 2004.

U. Rahardja, Sudaryono, and S. Guritno, Theory and Application of IT Research: Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. 2011.

A. Novita and A. Andiarni, “Prototipe E-Learning Untuk Pendalaman Dan Evaluasi Materi Pembelajaran Pada Smpn 1 Samigaluh,” J. Ilmu Pen, 2019.

R. Rifa’atunnisa, E. Satria, and R. Cahyana, “Pengembangan Aplikasi Zakat Berbasis Android Menggunakan Metode Prototype,” J. Algoritm., 2015.

P. Yoko, R. Adwiya, and W. Nugraha, “Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Aplikasi SIPINJAM Berbasis Website pada Credit Union Canaga Antutn,” J. Merpati, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.