Model Komitmen untuk Keberlanjutan Kinerja UKM: Tinjauan Pustaka dan Agenda Penelitian

Joko Supono, Ngadino Surip, A. H. Sutawijaya, Lenny C. Nawangsari

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah menjadi mayoritas perusahaan bisnis di negara-negara berkembang dan maju, selain menjadi salah satu kontributor terhadap PDB nasional. UKM juga memiliki peran penting dalam pekerjaan, tetapi mereka memiliki masalah mendasar dalam hal sumber daya manajemen dan kinerja yang berpotensi merusak keberlanjutan bisnis mereka. Berbagai metode dan penelitian untuk meninjau kinerja dan keberlanjutan bisnis UKM telah dikembangkan. Namun, penelitian saat ini lebih berfokus pada faktor internal dan eksternal secara parsial. Penelitian ini mencoba untuk mengambil perspektif yang berbeda dalam upaya meningkatkan kinerja UKM dengan berfokus pada faktor internal sumber daya manusia di tingkat individu. Komitmen yang dianggap sebagai variabel penting adalah pilar dasar dalam pengembangan sumber daya manusia di sektor UKM. Penelitian tentang komitmen sejauh ini telah memberi banyak perhatian pada bisnis skala besar dan juga berfokus pada studi komitmen hanya dari sisi karyawan. Untuk alasan ini, studi komprehensif tentang komitmen perlu dilakukan baik dalam hal karyawan maupun organisasi. Studi ini akan memeriksa apakah model komitmen dapat berkontribusi untuk meningkatkan kinerja UKM dan dapat digunakan sebagai konsep perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja UKM.

Full Text:

PDF

References


Budiwibowo, T., (2003). Pengaruh Strategi Kompetitif, Motivasi, dan Budaya terhadap Hubungan antara Komitmen dengan Oganisasi kepada Karyawan dengan Kinerja Organisasi [Dissertation] Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Eisenberger, R., Armeli, S., Rexwinkel, B., Lynch, P., D., & Rhoades, L., (2001). Reciprocation of perceived organizational support. Journal of Psychology, Vol. 86 (1) pp. 42-51.

Gouldner, A., W., (1960). The Norm of Reciprocity: A Preliminary Statement. American Sociological Review, Vol. 25 (2) pp. 161-178.

He, P., (2012). Management Commitment and Employee Perceived Service Quality: The Mediating Role of Affective Commitment, Vol. 17(3) pp. 79-97.

Imai, M., & Kaizen, G., (1997). A Commonsense, Low-Cost Approach to Management.

Lee, J., & Miller, D., (1999). People Matter: Commitment to Employees, Strategy and Performnace in Korean Firms. Strategy Management Journal, Vol. 20 pp. 579-581.

Lleo, A., Viles, E., Jurburg, D., & Lomas, L. (2017). Strengthening Employee Participation and Commitment to Continuous Improvement Through Middle Manager Trustworthy Behaviours. Total Quality Management & Business Excellence, Vol. 28(9/10) pp. 974-988.

Miller, D., & Lee, J., (2001). The People Make the Process : Commitment to Employees, Decision Making, and Performance. Journal of Management, Vol. 27 (2) pp. 163-189.

Muse, L., A., Rutherford , M., W., & Sharon L., O., Jennie E., R., (2005). Commitment to Employee: Does it Help or Hinder Small Business Performance. Small Business Economics, Vol. 24(2) pp. 97-111.

Rapp, C., & Eklund, J., (2007). Sustainable Development of a Suggestion System: Factors Influencing Improvement Activities in a Confectionary Company. Human Factors and Ergonomics in Manufacturing & Service Industries, Vol. 17(1) pp. 79-94.

Rashid, M., Z., A., Sambasivan, M., & Johari, J., (2003). Pengaruh Budaya Perusahaan dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja. Journal of Management Development, Vol. 22(8) pp. 708-728.

Roca-Puig, V., Beltrán-Martín, I., & Segarra-Ciprés, M. (2012). Commitment to Employees, Labor Intensity, and Labor Productivity in Small Firms: A Non-Linear Approach. International Journal of Manpower, Vol. 33(8) pp. 938-954.

Roca-Puig, V., Beltran-Martin, I., Escrig-Tena, A., B., & Bou-Llusar, J., C., (2005). Strategic Flexibility as a Moderator of the Relationship Between Commitment to Employees and Performance in Service Firms. The International Journal of Human Resource Management, Vol. 16(11) pp. 2075-2076.

Roca-Puig, V., Beltrán-Martín, I., Escrig-Tena, A., B., & Bou-Llusar, J., C., (2007). Organizational Commitment to Employees and Organizational Performance: A Simultaneous Test of Configurative and Universalistic Propositions. Personnel Review, Vol. 36(6) pp. 867-886.

Steyrer, J., M., Schiffinger, & Lang, R., (2008). Organizational Commitment - A Missing Link Between Leadership Behavior and Organizational Performance. Scandinavian Journal of Management, Vol. 24(4) pp. 364-374.

Walton, R., E., (1985). From Control to Commitment in the Workplace. Massasuchusetts: Harvard Business Review.

Whitener, E., M., (2001). Do “High Commitment” Human Resource Practices Affect Employee Commitment?: A cross-level Analysis using Hierarchical Linear Modelling. Journal of Management Vo 27 (5).

Wright, P., Gardner, T., Lisa, M., M., (2003). The Impact of Human Resource Practices on the Performance of Business Units. Human Resource Mangement Journal, Vol. 13(3) pp. 21-36.

Zohdi, A., A., M., Ramezani, Y., Hosseini, S., E., (2013). The Effect of Professional Commitment on Organizational Commitments Dimensions of Qavamin Bank Employees in Khorasan Razavi Province. International Journal of Advanced Studies in Humanities and Social Science, Vol. 1(7) pp. 805-815.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi



Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

ISBN: 978-623-92585-0-4

Lisensi Creative Commons
Our Articles are licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Penerbit
Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No.1, Kembangan, Jakarta Barat -11650
Telp.+62 21 5840815-16 (Ext. 2722) Fax. +62 21 5840813
Jakarta
Email. ([email protected]).
Website. (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/snpmpt)