Implementasi Metode Blended Learning dalam Mata Kuliah PraktikBeracara Guna Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Ni Putu Riyani Kartika Sari

Abstract


Mata kuliah praktik beracara merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diajarkan dan ditempuh
oleh mahasiswa fakultas hukum, sebab dengan adanya mata kuliah ini dapat memberikan
pemahaman terkait mekanisme praktik beracara sebagaimana yang akan dihadapi nantinya di dunia
kerja setelah mahasiswa fakultas hukum menamatkan pendidikannya. Untuk itu penting agar mata
kuliah tersebut disampaikan oleh para ahli yang berkompeten, sehingga kehadiran para praktisi
hukum untuk mengisi mata kuliah praktik beracara menjadi salah satu hal yang patut
dipertimbangkan. Namun mengingat adanya tugas pokok para praktisi hukum tersebut maka
penerapan metode blended learning yang menggabungkan metode kuliah tatap muka dan metode
perkuliahan melalui jaringan internet menjadi salah satu alternatif. Tujuan makalah ini adalah untuk
mengetahui pentingnya penerapan metode blended learning dalam pelaksanaan mata kuliah praktik
beracara dan bentuk penerapan metode blended learning dalam mata kuliah praktik beracara.
Makalah ini disusun menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menyajikan pemaparan
terkait data-data yang relevan untuk menjawab permasalahan. Dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa
mekanisme blended learning penting untuk diterapkan dalam praktik beracara sebab mahasiswa
fakultas hukum dapat secara langsung mendapatkan pengajaran dari praktisi hukum dan hal tersebut
dilakukan baik secara langsung maupun dalam jarak jauh sehingga mampu mengefektifkan waktu
perkuliahan.


Full Text:

PDF

References


Bhati, Tariq dan Najma Imtiaz Ali. (2018). Implementation of Blended Learning in Higher Education

Institution of Pakistan, International Journal of Advanced Computer Science and Applications, Vol.

, No. 8.

Banyen, W., C. Viriyavejakul, T. Ratanaolam. (2016). A Blended Learning Model for Learning

Achievement Enhancement of Thai Undergraduate Students, International Journal of Emerging

Technologies in Learning, Vol. 11 No. 4.

Charumman, Uwes A. (2011). Implementing Blended Learning in Higher Education, A Case-based Sharing

Experience, Presented on International Seminr of Educational Techology, Learning, Community

and Technology Faculty of Egineering, 16 Maret 2011.

Dziuban, Charles., Charles R. Graham, Patsy D. Moskal. (2018). Blended learning : the new normal and

emerging technologies, Open Acess International Journal of Educational Technolog in Highe

Education, akses online tanggal 12 November 2019.

Hariyadi. (2019). Paradigma Pendidikan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, akses online 11

November 2019.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan

Pembelajaran Face-To-Face, E-Learning Offline-Online, Dan Mobile Learning, Prestasi Pustaka,

Jakarta.

Murphy, Colleen P., Christopher J. Ryan Jr., Yajni Warnapala. (2019). Note-Taking Mode and Academic

Performance in Two Law School Course, Journal of Legal Education. Volume 68, Number 2.

Satya, Venti Eka. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Jurnal Info Singkat Vol X, No.

/I/Puslit/Mei/ 2018, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Jakata.

Schulze Jr, Louis N., (2019), Using Science to Build Better Learners: One School”s Successful Efforts to

Raise its Bar Passage Rates in an Era of Decline, Journal of Legal Education. Volume 68, Number

Sudarman, “ Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Perolehan Belajar Konsep Dan

Prosedur Pada Mahasiswa Yang Memiliki Self-Regulated Learning Berbeda”, Jurnal Pendidikan

Dan Pembelajaran, Volume, 21 Nomor 1, April 2014.

Sunarto, (2014), Peran Aktif Hakim dalam Perkara Perdata, Kencana, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi



Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

ISBN: 978-623-92585-0-4

Lisensi Creative Commons
Our Articles are licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Penerbit
Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No.1, Kembangan, Jakarta Barat -11650
Telp.+62 21 5840815-16 (Ext. 2722) Fax. +62 21 5840813
Jakarta
Email. (seminar.bali2019@mercubuana.ac.id).
Website. (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/snpmpt)