Efektivitas Pelatihan Berpikir Kreatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Alimatus Sahrah

Abstract


Mahasiswa masuk dalam kelompok remaja akhir, di mana mahasiswa memiliki banyak masalah yang
menyangkut pencarian jati dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan
berpikir kreatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada para mahasiswa.
Hipotesis yang diajukan adalah kemampuan pemecahan masalah pada kelompok yang diberikan
pelatihan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang tidak diberikan Pelatihan
Berpikir Kreatif. Data penelitian diungkap dengan menggunakan Skala Kemampuan Pemecahan
Masalah. Analisis data menggunakan teknik Independent Sample t-test, yang hasilnya ada perbedaan
antara gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai t-test sebesar 8,105
(p<0,01). Nilai rerata skor post-test kelompok eksperimen sebesar 85,31 (termasuk kategori tinggi),
dan nilai rerata skor post-test kelompok kontrol sebesar 73,89 (termasuk kategori sedang). Hasil ini
menunjukkan bahwa efektifitas Pelatihan Berpikir Kreatif dapat mempengaruhi kemampuan
pemecahan masalah. Kelompok yang mendapatkan Pelatihan Berpikir Kreatif memiliki kemampuan
memecahkan masalah lebih tinggi, dibandingkan dengan kelompok yang tidak mendapatkan Pelatihan
Berpikir Kreatif.


Full Text:

PDF

References


Alsa, A., (2004). Uji Coba Pembelajaran ”Berpikir Kreatif” Mata Pelajaran IPS Sebagai Media

Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di Sekolah Dasar. Jurnal Psikologika, Vol.18

(19) pp. 15-23.

Azwar, S., (1999). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ofset.

Erikson, E., H., (1989). Identitas dan Siklus Hidup Manusia; Bunga Rampai 1. Penerjemah:

Agus Cremers. Jakarta: PT. Gramedia.

Harre, R., & Lamb, R., (1986). Ensiklopedi Psikologi, Terj. Ediati Kamil. Jakarta: Arcan.

Honey, P., (1995). Memecahkan Masalah Pribadi. Jakarta: Arcan.

Huitt, W., (1992). Problem Solving and Decision Making: Consideration of Individual

Differences using The Myies Briggs Type Indicator. Journal of Psychological Type, Vol. 24

pp. 33-44.

Langrehr, J., (2006). Mengajar Anak-Anak Kita Untuk Berpikir. Batam Centre: Interaksara.

Liliawati, W., & Puspita, E., (2010). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam

Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika

Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Tidak diterbitkan.

Maryam, S., Amiripour, P., Malkhalifeh, M., R., (2013). The Examining Mathematical Word

Problems Solving Ability Under Efficient Representation Aspect. International Scientific

Publications and Consulting Services. Journal of Mathematics, Vol. 2013(00007), pp. 11.

Maxwell, J., C., (2004). Berpikir Lain Dari Yang Biasanya (Thinking For A Change). Batam:

Karisma Press.

Monks, F., J., Knoers, A., M., P., & Haditono, S., R., (2006). Psikologi Perkembangan

Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Petty, G., (1997). How to be Better at…Creativity; Memaksimalkan Potensi Kreatif. Jakarta:

Elex Media Komputindo.

Pikunas, J., (1976). Human Development: An Emergent Science. Tokyo: MacGraw Hill

Kogakusha Inc.

Polya, G., (1973). How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Rahmat, S., (1993). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Saad, N., S., & Ghani, A., S., (2008). Teaching Mathematics in Secondary School: Theories and

Practices. Perak: University Pendidikan Sultan Idris.

Sdorrow, L., M., & Rickabaugh, C., A., (2002). Psychology, 5

th

Ed. New York: Mc Graw Hill

Company.

Siswono, T., Y., E., (2004). Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan

Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative

Problem Solving (CPS). Buletin Pendidikan Matematika, Vol. 6(2) pp. 114-124.

Solso, R., L., (1998). Cognitive Psychology. Need ham Height. MA: Allyn and Bacon Viacon

Company.

Sunarno, A., (2006a). Creativity Games. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Sunarno, A., (2006b). Decission Making and Problem Solving. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Yellon, S., L., & Weinstein, G., W., (1997). A Teacher World Psychology in the Classroom.

Tokyo: Mc Graw-Hill Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi



Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

ISBN: 978-623-92585-0-4

Lisensi Creative Commons
Our Articles are licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Penerbit
Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No.1, Kembangan, Jakarta Barat -11650
Telp.+62 21 5840815-16 (Ext. 2722) Fax. +62 21 5840813
Jakarta
Email. ([email protected]).
Website. (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/snpmpt)