Memetakan Kompetensi Digital Petani Pengguna Platform Promosi dan Pemasaran Digital Agribisnis

Dewi Sad Tanti, Adharis Kuswidiarto

Abstract


Kemajuan teknologi menawarkan kemudahan melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya
terobosan solusi dalam pertanian dengan platform digital dengan konsekuensi dibutuhkan
kompetensi digital. Menggunakan kerangka literasi digital Indonesia penelitian ini ditujukan untuk
memetakan kompetensi digital petani dalam memanfaatkan platform Aplikasi Manajemen Kebun
Buah yaitu SOP BUAHKU. Penelitian dirancang dengan paradigma konstruktivis dan metode studi
kasus dapat dipetakan tentang proses penggunaan oleh petani dan kompetensi yang dibutuhkan
dalam pandangan pengembang aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua kelompok
kompetensi yang dibutuhkan, pertama kemampuan pertanian yang meliputi leadership, pengetahuan
dasar berkebun, dan menguasai komoditas. Kedua penggunaan aplikasi telepon seluler yang
meliputi kemampuan mengunduh dan memasang aplikasi, mengisi data pribadi dengan tepat serta
memilih dan menggunakan fitur aplikasi.


Full Text:

PDF

References


Burhan, Bungin. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan

Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Edisi Pertama. Jakarta:. Prenada Media.

Castells, Manuel. (2000). The Rise of the Network Society. Cambridge: Blackwell Punlishers.

Chaffey, Dave. (2002). E-Business and E-Commerce Management. Strategy, Implementation and

Practice. Fourth Edition. New York: Prentice Hall.

Coviello, N., Milley, R. dan Marcolin, B. (2001). “Understanding IT-enabled interactivity in

contemporary marketing”. Journal of Interactive Marketing, Vol.15 No. 4, pp. 18-33.

DailySocial. (2019). “Agrowing Fasilitasi Serba-Serbi Bisnis Agrikultur”.

Diaz Praditya. (2019). Prediksi Perkembangan Industri E-commerce Indonesia pada Tahun 2022.

Techinasia. Diakses 25 Agustus 2019.

Donny B.U. (ed.). (2018). Kerangka Literasi Digital. Jakarta: Siberkreasi - FIRAL - ICT Watch

- Relawan TIK - Internet Sehat.

Eka Randy. (2016). Daftar Startup Indonesia di Bidang Pertanian, Perikanan, dan Peternakan.

DailySocial.id dilihat 25 Agustus 2019.

Heriyanto. (2017). “Kompetensi Digital sebagai Strategi Peningkatan Pendidikan Tinggi di Era

Modern (Studi Deskriptif pada Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang

Banten)”. Seminar Lokal Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya. Tangerang Banten.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2018). “Kementerian Kominfo Sebut Pengguna

Internet Indonesia Capai 54 Persen”. Dirujuk pada 25 Agustus 2019.

https://kominfo.go.id/content/detail/15380/kementerian-kominfo-sebut-pengguna-internetindonesia-capai-54-persen.

Kementerian Pertanian RI. (2015). Rencana Strategis Kementerian Pertanian Tahun 2015-2019.

Jakarta: Biro Perencanaan, Sekretariat Jenderal.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada-Media Group.

Lastiansah, Sena. (2012). Pengertian User Interface. Jakarta: PT. Elex Media.

Laura Lipton dan Deborah Hubble. (2016). Sekolah Literasi: Perencanaan dan Pembinaan.

Bandung: Nuansa Cendekia.

Mulyana, Deddy. (2001). Metode Penelitian Kualitatif lmu Komunikasi. Cetakan pertama.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nielsen. (2017). Penetrasi Media Survei Nielsen Indonesia 2017. Jakarta: The Nielsen Company.

Permadi, Dedy dan Viyasa Rahyaputra. (2018). Strategi Kewirausahaan Digital: Sebuah

Panduan untuk UMKM, Stratup dan E-Commerce. Seri Literasi Digital. Jakarta: Kominfo -

CfDS - Siberkreasi.

Prayoga, Kadhung. (2017). “Aplikasi Digital Pertanian: Geliat Pemberdayaan Petani di Era

Virtual” Diakses dari academia.edu.

Prayoga, Kadhung. (2018). “Dampak Penetrasi Teknologi Informasi dalam Transformasi Sistem

Penyuluhan Pertanian di Indonesia.” Dalam JSEP Vol 11 No. 1 Maret 2018 Halaman 46-59.

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan, (2009). Creative Digital Marketing. PT Elex Media

Komputindo. Jakarta.

Satzinger J.W., Jackson R.B. & Burd S.D. (2012). System Analysis and Design in a Changing

World Seventh Edition. Cengage Learning.

Spencer, Lyle & Signe M. Spencer. (1993). Competence at Work, Models for Superior

Performance. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Widyastuti Sri. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: FEB-UP

Wheeler, Aline Terence. (2013). Designing brand identity: an essential guide for the entire

branding team 4th edition, Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Yin, Robert K. (2002). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo

Yoga, H., & Nurmahdi, A. (2018). “Pengaruh Kegiatan Pemasaran Digital dan Perilaku Online

Konsumen Pada Peningkatan Kesadaran Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan

Pembelian” Via Website.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi



Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

ISBN: 978-623-92585-0-4

Lisensi Creative Commons
Our Articles are licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Penerbit
Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No.1, Kembangan, Jakarta Barat -11650
Telp.+62 21 5840815-16 (Ext. 2722) Fax. +62 21 5840813
Jakarta
Email. (seminar.bali2019@mercubuana.ac.id).
Website. (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/snpmpt)