PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DIRUMAH SAKIT MOH RIDWAN MEURAKSA JAKARTA
Abstract
Sarana pelayanan kesehatan kepada masyarakat ditunjukan melalui rumah sakit dan pemerintah sudah membuat kebijakan tentang jaminan kesehatan yang merupakan komponen dari sistem pendanaan kesehatan, sebagai langkah untuk mewujudkan universal coverage atau dapat diartikan sebagai jaminan pelayanan kesehatan bagi seluruh penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien BPJS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS rawat jalan yang berobat di Rumah Sakit Moh Ridwan Meuraksa Jakarta. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan berupa uji statistik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ditemukan bahwa pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan dan fasilitas memiliki dampak positif pada kepuasan pasien dan variable kualitas pelayanan ditemukan paling banyak dominan. Dan hasil penelitian dengan uji t menunjukkan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, kemudian untuk hasil uji f menunjukan bahwa variabel kepercayaan, kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/swot.v8i2.10418
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Pascasarjana Mercu Buana Jakarta, Kampus Menteng, Gedung Tedja Buana Lt. 4 Jl. Menteng Raya No. 29 Jakarta Pusat