ANALISIS STRATEGI KULINER KHAS NUSANTARA (STUDI KASUS SERABI NOTOSUMAN)

Octavia Safitri, Putri, Wulandari Fernando, Santoso, Octavia Safitri, Putri, Wulandari Fernando, Santoso

Abstract


Perkembangan dunia saat ini berjalan dengan sangat pesat, menciptakan suatu persaingan yang samakin ketat. Hal ini menuntut produsen untuk lebih peka, kritis, kreatif dan inovatif dengan perubahan yang terjadi, baik berupa politik, social, budaya dan ekonomi. Makanan tradisonal seperti serabi notosuman ini sangat eksis dikalangan generasi X, akan tetapi keeksisan tersebut tidak diketahui oleh generasi Z. Penelitian ini dilakukan untuk memperkenalkan Serabi Notosuman secara luas kepada masyarakat khususnya pada generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan kuisioner yang berjumlah 50 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat mengetahui serabi notusuman sebagai makanan tradisional khas Surakarta. Dibuktikan dengan data yang menunjukkan 35 responden mengetahui serabi notosuman sebagai makanan tradisional khas surakata. Dan 40% diantaranya sering membeli serabi khas surkarta ini dan kemudian 80% merasakan bahwa serabi notosuman memiliki rasa yang enak gurih yang juga manis dan mengenai varian rasa yang sering dibeli 70% responden membeli serabi dengan rasa original.

Keywords


Serabi Notosuman, Makanan Tradisonal, Kreatif, Inovatif

Full Text:

PDF

References


Agustina, Sinta, 2017. Perbedaan antara serabi solo dengan serabi bandung. Reterived April, 5, 2021

From trevel.tribunnews.com https://travel.tribunnews.com/2017/02/24/sering-dibilang-samainilah-perbedaan-antara-serabi-solo-dan-surabi-bandung

Alfian, Muhammad. 2019. Asal usul kuliner legendaris serabi notosuman. Reterived April, 5, 2021

From Tribunsolo.com https://solo.tribunnews.com/2019/09/11/wisata-kuliner-di-solo-beginiasal-usul-kuliner-legendaris-serabi-notosuman

Awlia, Tasya, 2020. Metode pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Reterived April, 5, 2021

From news.detik.com https://news.detik.com/berita/d-4850130/metode-pengumpulan-datakuantitatif-dan-kualitatif

Bappeda kota Surakarta. 2015. Profil daerah Surakarta. Surakarta.

Endri; Syafarudin, Afriapollo; Santoso, Sugeng; Imaningsih, Erna S.; Suharti, Titing; Rinda,

Rachmatullaily T (2020). Consumption Behavior Patterns Of Generations Y Halal Products In

Indonesia, Academy of Entrepreneurship Journal, Volume 26, Issue 2, 2020.

Fatmawati, Ari Ana and Santoso, Sugeng (2020). Penguatan Rantai Nilai Pariwisata Sebagai Strategi

Pengembangan Kawasan Kota Tua Jakarta Menjadi Kawasan Wisata Ramah Muslim, Jurnal

Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMB), Universitas Mercu Buana, Volume 6, No. 03, November

DOI : https://doi.org/10.22441/jimb.v6i3.9825.

Lidia. 2017. Serba-serbi serabi. Reterived April, 5, 2021 From serabinotosumannylidia. Blogspot

http://serabinotosumannylidia.blogspot.com/2017/12/oleh-oleh-khas-solo-serabi-notosumanny.html

Majid, Muhammad, 2014. Cerita dibalik kepopuleran serabi notosuman. Solo : maxmanroe

Pengertian Analisis Swot menurut para ahli. Kumpulanpengertian.com. Reterived April,5, 2021

From http://www.kumpulanpengertian.com/2018/03/pengertian-analisis-swot-menurut-para.html.

Redata, Lira; Kezia, Rachella; Solaiman, Kenneth Hagai; Santoso, Sugeng (2021). Analisis Korelasi

Pendampingan Komunitas Terhadap Inovasi Pelaku Ekonomi Kreatif Dan Pemenuhan

Kebutuhan Konsumen: Studi Kasus Pada Komunitas Tangerang Berdaya Dan Pelaku Ekonomi

Kreatif Kuliner Tangerang, Business Management Journal, Vol 16 (1): 1 – 19. Th 2021, DOI :

http://dx.doi.org/10.30813/bmj

Santoso et al (2021). Telaah Kebijakan dan Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Sub Sektor

Kuliner. Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, ISBN No 978-623-92020-

-5.

Susilo, Yanto; Wijayanti, Erna; Santoso, Sugeng (2021). Penerapan Transformasi Digital Pada

Pemasaran Ekonomi Kreatif Kuliner Minuman BOBA, Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem

Informasi(JEMSI) , Volume 2, Issue 4, Maret 2021, DOI: https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/swot.v10i3.11749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen

Pascasarjana Mercu Buana Jakarta, Kampus Menteng, Gedung Tedja Buana Lt. 4 Jl. Menteng Raya No. 29 Jakarta Pusat


width=width=