PENGARUH KEPERCAYAAN SEBAGAI MEDIATOR KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI TANGERANG SELATAN
Abstract
Bisnis perbankan merupakan salah satu bisnis yang sangat kompetitif dan ketat, sehingga upaya menjaga loyalitas nasabah juga menjadi semakin sulit. Kualitas pelayanan adalah faktor yang sangat penting karena merupakan suatu strategi untuk memikat lebih banyak nasabah baru, mempertahankan nasabah yang ada, menghindari berpindahnya nasabah dan menciptakan keunggulan khusus. Berdasarkan hal tersebut, bank harus dapat menumbuhkan rasa percaya nasabah, meningkatkan kepuasan nasabah dan menjaga loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah melalui kepercayaan nasabah. Sebanyak 307 responden yang merupakan nasabah beberapa bank perkreditan rakyat di Tangerang Selatan terlibat dalam penelitian ini. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala kepuasan nasabah, skala kepercayaan dan skala loyalitas nasabah. Dengan menggunakan analisis jalur penelitian ini menemukan bahwa kepercayaan nasabah berfungsi sebagai mediator pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah. Semakin tinggi kepuasan nasabah akan meningkatkan kepercayaan nasabah yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas nasabah.
Keywords
Kepercayaan, Loyalitas Nasabah, Kepuasan Nasabah
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/swot.v1i1.14423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Pascasarjana Mercu Buana Jakarta, Kampus Menteng, Gedung Tedja Buana Lt. 4 Jl. Menteng Raya No. 29 Jakarta Pusat