PENENTUAN STRATEGI OPERASIONAL BISNIS PADA PERUSAHAAN ALAT PEMADAM DENGAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS
Abstract
CV. Varia Usaha merupakan perusahaan alat pemadam kebakaran, menghadapi fenomena ancaman yaitu ketatnya persaingan bisnis, yang berdampak pada fluktuasi pendapatan, sedangkan di sisi lain terdapat peluang yaitu dalam permintaan pelanggan (permintaan diversifikasi produk) serta perluasan pasar. Dengan semakin ketatnya persaingan di bidang usaha ini, mendorong perusahaan untuk membuat strategi operasional yang tepat. Penelitian ini berdasarkan pada metode analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan (SWOT) dengan menggunakan pendekatan Five Forces Porter, kemudian strategi yang dihasilkan SWOT ditentukan prioritasnya dengan 8 strategi hasil QSPM dilihat dari Total Attractiveness Score (TAS) tertinggi diantaranya yaitu (1) Menguatkan perusahaan dengan kualitas dan kepuasan yang diberikan kepada pelanggan (2) Berorientasi dengan pasar selain perusahaan instansi pemerintah dan retail langsung merambah ke perusahaan UKM dan (3) Bekerja sama dengan kompetitor dan stake holder terkait, agar dapat bersinergi saling memanfaatkan dan melengkapi resource yang dimiliki. Diharapkan strategi yang terpilih dari penelitian ini dapat membantu pihak management dalam mengelola perusahaannya lebih baik.
Keywords
Strategi operasi, Five Forces Porter, SWOT, AHP, QSPM
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/swot.v1i1.14426
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Pascasarjana Mercu Buana Jakarta, Kampus Menteng, Gedung Tedja Buana Lt. 4 Jl. Menteng Raya No. 29 Jakarta Pusat