PENGARUH PRAKTEK MANAJEMEN KEUANGAN, INOVASI PRODUK DAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KINERJA KEUANGAN DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR PERIODE TAHUN 2016-2020 (Studi Kasus pada PT. Hojeon Limited Indo Network Jakarta Selatan)
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan di perusahaan manufaktur periode 2016-2020 pada PT. Hojeon Limited Indo Networks. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer berupa kuesioner. Sampel yang dipergunakan adalah sebanyak 96 responden, dihitung berdasarkan rumus Slovin. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, teknis PLS (Partial Least Square) melalui software statistic Smart PLS, dengan instrument penelitian yaitu kuesioner. Olah karena itu hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel praktek manajemen keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan dan sosial media berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan Perusahaan Manufaktur Periode Tahun 2016-2020 (Studi Kasus pada PT. Hojeon Limited Indo Networks Jakarta Selatan).
Kata Kunci: Praktek Manajemen Keuangan, Inovasi Produk, Sosial Media, Kinerja Keuangan.
Abstract. This study aims to analyze the financial performance of manufacturing companies for the 2016-2020 period at PT. Hojeon Limited Indo Networks. This research is a field research with a quantitative approach. The data in this study were obtained from primary data in the form of a questionnaire. The sample used was 96 respondents, calculated based on the Slovin formula. Sampling method using sampling technique. The data analysis method used is descriptive analysis method, technical PLS (Partial Least Square) through the Smart PLS statistical software, with the research instrument is a questionnaire. Therefore, the results of this study state that the practice of financial management has a positive and significant effect on financial performance, product innovation has a positive and significant effect on financial performance and social media has a positive and significant effect on the financial performance of Manufacturing Companies for the 2016-2020 period (Case Study on PT. Hojeon Limited Indo Networks, South Jakarta).
Keywords: Financial Management Practices, Product Innovation, Social Media, Financial Performance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdel-Maksoud, A., Dugdale, D., & Luther, R. (2005). Non-financial performance measurement
in manufacturing companies. The British Accounting Review, 37(3), 261-297.
Auliyah, H., & Asyik, N. F. (2016). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan
dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi
(JIRA), 5(9).
Azam, M. S. (2015). Diffusion of ICT and SME performance. In E-services adoption: Processes
by firms in developing nations. Emerald Group Publishing Limited.
Baroroh, N. (2013). Analisis pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi, 5(2), 172-182.
Cania, S. D., & Susdiani, L. (2021). Pengaruh Praktek Manajemen Keuangan dan Inovasi Terhadap Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah Selama Masa Pandemi Covid- 19 di Kota Depok. Jurnal Manajemen Stratejik dan Simulasi Bisnis, 2(1), 1-21.
Desmaryani, S. (2018). Wirausaha dan Daya Saing. Yogyakarta: Deepublish. Fahmi, I. (2017). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Herliani, L. (2015).
Ikatan Akuntan Indonesia, (2013), Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.
Fullerton, R. R., & Wempe, W. F. (2009). Lean manufacturing, non‐financial performance
measures, and financial performance. International journal of operations & production
management.
Hasibuan, S. W., Abdurrahman Misno, M. E. I., Ansri Jayanti, S. S., Sholahuddin, M., Mubarrok,
U. S., Wahab, A., & Baso Iping, S. E. (2021). Metodologi Penelitian Bidang Muamalah,
Ekonomi Dan Bisnis. Media Sains Indonesia.
Analisis Pemanfaatan Situs Jejaring Sosial Facebook sebagai Media Promosi
Anggota BUSAM (Bubuhan Samarinda). eJournal Ilmu Komunikasi, 3(4).
Ikatan Akuntan Indonesia, (2013), Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.
Isvara, I. K. Y. M., Wahyuni, M. A., & Julianto, I. P. (2017). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening (Studi Perusahaan Manufaktur pada Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).
Kader, M. A. (2019). Financial management practices on financial performance. Kader, Md. Abdul, 06-20.
Kazan, H., Özer, G., & Çetin, A. T. (2006). The effect of manufacturing strategies on financial performance. Measuring Business Excellence.
Kim, A. J., & Johnson, K. K. P. (2016). Power of consumers using social media: Examining the influences of brand related user generated content on Facebook.Computers in Human Behavior, 5(8), 98-108.
Kirbis, I. S., & Galic, Z. (2017).
Kusumandari, Y., & Sapari, S. (2019). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(4).
Lapian, A. A., Massie, J., & Ogi, I. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR Prisma Dana Amurang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).
Lopez, S. J., Snyder, C. R., & Pedrotti, J. T. (2018). Positive Psychology: The scientific and partical exploration of human strengths. London Sage Publicatio.
Ma’auyah, S., & Tjahjani, F. (2021). Pengaruh Intellectual Capital Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dirgantara, 14(2), 250-257.
Malagueño, R., Lopez-Valeiras, E., & Gomez-Conde, J. (2018). Balanced scorecard in SMEs: effects on innovation and financial performance. Small Business Economics, 51(1), 221- 244.
Marheni, K. D., Yasa, N. P., & Sujana, E. (2020). Pengaruh Kreatifitas Inovasi, Penetapan Harga Jual, Dan Kualitas Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Property Kecamatan Buleleng. Jurnal Akuntansi Profesi, 10(2), 110-120.
Marietza, F., & Simbolon, N. K. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Sosial Media Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan.EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 283-298.
Maryanto, H. K., DP, E. N., & Hariadi, H. (2017). Pengaruh intellectual capital dan good corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2011- 2014 (Doctoral dissertation, Riau University).
Nasution, A.H., & Kartajaya, H. (2018). Inovasi. Yogyakarta: Andi.
Nisar, T. M., & Whitehead, C. (2016). Brand interactions and social media: Enhancing user loyalty
through social networking sites. Computers in Human Behavior, 6(2), 743–753. 16
Relationship between financial satisfaction and financial literacy:
Exploring gender differences.Društvena istraživanja: casopis za opca drustvena
pitanja, 26(2), 165-185.
Kusumandari, Y., & Sapari, S. (2019). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(4).
Lapian, A. A., Massie, J., & Ogi, I. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR Prisma Dana Amurang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).
Lopez, S. J., Snyder, C. R., & Pedrotti, J. T. (2018). Positive Psychology: The scientific and partical exploration of human strengths. London Sage Publicatio.
Ma’auyah, S., & Tjahjani, F. (2021). Pengaruh Intellectual Capital Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dirgantara, 14(2), 250-257.
Malagueño, R., Lopez-Valeiras, E., & Gomez-Conde, J. (2018). Balanced scorecard in SMEs: effects on innovation and financial performance. Small Business Economics, 51(1), 221- 244.
Marheni, K. D., Yasa, N. P., & Sujana, E. (2020). Pengaruh Kreatifitas Inovasi, Penetapan Harga Jual, Dan Kualitas Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Property Kecamatan Buleleng. Jurnal Akuntansi Profesi, 10(2), 110-120.
Marietza, F., & Simbolon, N. K. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Sosial Media Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan.EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 283-298.
Maryanto, H. K., DP, E. N., & Hariadi, H. (2017). Pengaruh intellectual capital dan good corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2011- 2014 (Doctoral dissertation, Riau University).
Nasution, A.H., & Kartajaya, H. (2018). Inovasi. Yogyakarta: Andi.
Nisar, T. M., & Whitehead, C. (2016). Brand interactions and social media: Enhancing user loyalty
through social networking sites. Computers in Human Behavior, 6(2), 743–753.
Nguyen, Bang, et al. (2015). Brand innovation and social media: Knowledge acquisition from
social media, market orientation, and the moderating role of social media strategic
capabilities. Industrial Marketing Manager-ages, 5(1), 11-25.
Oliveira, J. A. S., Basso, L. F. C., Kimura, H., & Sobreiro, V. A. (2018). Innovation and financial performance of companies doing business in Brazil. International Journal of Innovation Studies, 2(4), 153-164.
Padilha, C. K., & Gomes, G. (2016). Innovation culture and performance in innovation of products and processes: a study in companies of textile industry. RAI Revista de Administração e Inovação, 13(4), 285-294.
Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia Surakarta:Ziyad Visi Media.
Putra, A. (2017). terhadap Self Control Behavior Dengan Theory Planned of Behavior. Akuntansi, 9(1), 1–19.
Ramantha, I. W., Wiagustini, N. L. P., Wirasedana, I. W. P., & Wistawan, I. M. A. P. (2021). The Role Of Funding Decisions Mediates The Effect Of Marketing Orientation And Product Innovation On Financial Performance (Study On Small And Medium Industries In Badung Regency). Academy of Strategic Management Journal, 20, 1-11.
Riyanti, D. P. (2019). Kreativias dan Inovasi di Tempat Kerja. Jakarta. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Siti N, M. M. (2016). Pengaruh Inovasi Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada UKM Bakpia Pathok Yogyakarta).
Sochib. (2016). Good Corporate Governance Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan. Penerbit Deepublish.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suindari, N. M., & Juniariani, N. M. R. (2020). Pengelolaan Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Strategi Pemasaran Dalam Mengukur Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 148-154.
Sukmadi. (2016). Inovasi dan Kewirausahaan. Bandung. Humaniora Utama Press.
Tjandrakirana, DP, R. & Monika, M. (2014). Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 12(1), 1-16.
Wadho, W., & Chaudhry, A. (2018). Innovation and firm performance in developing countries: The case of Pakistani textile and apparel manufacturers. Research Policy, 47(7), 1283- 1294.
Wati, L. N. (2018). Metodologi Penelitian Terapan. Pustaka Amri: Bekasi Barat.
Wijayani, D. R. (2017). Pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan publik di Indonesia (studi empiris pada perusahaan manufaktur di BEI 2012-2014). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga, 2(1).
Xie, X., Huo, J., & Zou, H. (2019). Green process innovation, green product innovation, and corporate financial performance: A content analysis method.Journal of business research, 101, 697-706.
Yang, J., Ying, L., & Gao, M. (2020). The influence of intelligent manufacturing on financial performance and innovation performance: the case of China. Enterprise Information Systems, 14(6), 812-832.
Yaparto, M., Frisko, D., & Eriandani, R. (2013). Pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan pada sektor manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia pada periode 2010-2011. Calyptra, 2(1), 1-19.
Zahra, S. A., & Das, S. R. (1993). Innovation strategy and financial performance in manufacturing companies: An empirical study. Production and operations management, 2(1), 15-37.
Zhang, S., Wang, Z., Zhao, X., & Zhang, M. (2017). Effects of institutional support on innovation and performance: roles of dysfunctional competition. Industrial Management & Data Systems.
Zulfatillah, A. (2020).Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/swot.v1i1.18578
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Pascasarjana Mercu Buana Jakarta, Kampus Menteng, Gedung Tedja Buana Lt. 4 Jl. Menteng Raya No. 29 Jakarta Pusat