PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris PT.Erakomp Infonusa)

Hidayatullah Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sistem pengendalian internal persediaan barang dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja perusahaan. Persediaan merupakan salah satu aktiva penting yang dimiliki perusahaan begitu juga kompetensi sumber daya manusia dalam organisasi atau perusahaan yang memiliki peran penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Desain penelitian yang digunakan adalah kausal dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalaha
karyawan PT.Erakomp Infonusa dan sampel dipilih secara random sebanyak 90 karyawan. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa secara simultan sistem pengendalian internal persediaan barang berpengaruh terhadap kinerja perusahan, secara parsial sistem pengendalian internal perusaahaan juga berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Secara simultan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, secara parsial kompetensi sumber daya manusia juga berpengaruh terhadap kinerja perusahaan pada PT. Erakomp Infonusa dengan arah koefesien positif. Dengan demikian jika manajemen menghendaki kinerja perusahaan meningkat maka diperlukan peningkatan sistem pengendalian internal persediaaan barang dagang dan peningkatan kompetensi karyuawan.


Keywords


Sistem Pengendalian Internal, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kinerja Perusahaan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/tekun.v9i2.17341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEKUN: Jurnal Telaah Akuntansi dan Bisnis [p-ISSN 2085-8752 | e-ISSN 2622-1470]
Magister Akuntansi, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/tekun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats