Pengaruh Karakter Eksekutif dan Sales growth Terhadap Tax avoidance dengan Leverage sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Industri Barang Konsumsi Periode 2015-2018)

Komalasari Komalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakter eksekutif dan Sales growth terhadap tax avoidance dengan leverage sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan sampel perusahaan berjumlah 17 perusahaan manufaktur subsektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Data penelitian ini diolah dengan bantuan software SPSS 25 menggunakan uji analisis regresi linier berganda dan uji analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial karakter eksekutif dan Sales growth berpengaruh signifikan terhadap leverage. Secara parsial, karakter eksekutif dan Sales growth berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance, sedangkan leverage berpengaruh namun tidak signifikan terhadap tax avoidance. Berdasarkan uji analisis jalur, leverage tidak mampu memediasi hubungan pengaruh karakter eksekutif dan Sales growth terhadap tax avoidance.

Keywords


Tax avoidance; Excecutive Character; Sales growth; Leverage; Mediating Variabel; Analysis Path

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/tekun.v11i1.20137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEKUN: Jurnal Telaah Akuntansi dan Bisnis [p-ISSN 2085-8752 | e-ISSN 2622-1470]
Magister Akuntansi, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/tekun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats